Tak Hanya Ganggu Penampilan, Memiliki Perut Buncit juga Bahaya bagi Kesehatan

Tak Hanya Ganggu Penampilan, Ini Bahaya Perut Buncit bagi Kesehatan. Photo : Net/Ist.

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Memiliki perut buncit dapat menyebabkan masalah bagi kesehatan tubuh, selain mengganggu penampilan. Perut yang menonjol merupakan tanda adanya lemak terselubung yang menutupi berbagai organ dalam seperti hati, usus, dan pankreas.

Dikutip dari Medical News Today, Minggu (09/12/2018), Memiliki perut buncit bisa meningkatkan peluang penyakit serta serangan jantung. Karena, terlalu banyak lemak akan menimbulkan terjadinya resistensi terhadap insulin yang bisa menyebabkan intoleransi glukosa sebagai penyebab utama penyakit diabetes.

Selain itu, juga dapat menyebabkan meningkatnya tekanan darah yang berujung terhadap tingginya risiko stroke. Bahkan, risiko terkena kanker perut dan kanker payudara juga meningkat. Risiko alzheimer pun mengintai akibat timbunan lemak ini.

Lemak terselubung ini lebih berbahaya dari lemak yang terlihat. Hal itu karena sifatnya yang lebih aktif. Bila lemak yang terlihat hanya berdiam di bawah kulit saja, sedangkan lemak terselubung yang ada di area sekitar organ dalam melepaskan hormon dan dapat mengakibatkan pembengkakan yang berujung pada berbagai masalah tersebut.

Konsumsi gula berlebih serta minum alkohol menjadi salah satu penyebab munculnya timbunan lemak di perut. Selain itu, stres juga menjadi salah satu penyebab dari menumpuknya lemak terselubung di dalam perut.

Ketika sedang stres, tubuh akan melepaskan hormon kortisol. Hormon ini merupakan salah satu mekanisme tubuh dan berfungsi untuk mempertahankan diri yang sudah ada sejak lama. Meski begitu, hormon kortisol menyebabkan tubuh menyimpan lemak saat stres.

Untuk mengurangi lemak terselubung ini, ahli medis menyarankan agar mengurangi asupan karbohidrat ke dalam tubuh. Salah satu caranya adalah mengurangi konsumsi gula dan minuman yang mengandung alkohol.

Rutin melakukan olahraga juga penting, terutama olahraga kardio untuk meningkatkan detak jantung dan sirkulasi darah. Sedangkan, cara untuk membantu melepaskan stres adalah dengan melakukan yoga, meditasi dan teknik relaksasi tertentu.

Dengan memahami bahaya yang mengincar akibat timbunan lemak di balik perut gendut ini bisa menjadi motivasi buat kamu untuk mengurangi berat badan. Karena selain menyehatkan, juga dapat membuat penampilanmu menjadi lebih baik. (Eva/R3/HR-Online)