Tebing di Jalan Raya Kawali Ciamis Longsor, Nyaris Makan Badan Jalan

Tebing setinggi 10 meter yang berada di jalan raya Kawali- Cirebon atau tepatnya di Dusun Cintamukti, Desa Purwasari, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dilaporkan mengalami longsor. Foto: Edji Darsono/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Tebing setinggi 10 meter yang berada di jalan raya Kawali- Cirebon atau tepatnya di Dusun Cintamukti, Desa Purwasari, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dilaporkan mengalami longsor dan nyaris memakan sebagian badan jalan. Longsor terjadi pada Sabtu (15/12/2018) sore atau ketika hujan deras mengguyur daerah tersebut.

Dari pantauan di lapangan Minggu (16/12/2018), akibat longsor yang nyaris memakan badan jalan ini, membuat kendaraan yang lewat harus ektra hati-hati. Pasalnya, posisi jalan berada di atas tebing yang longsor. Apabila pengendara tidak berhati-hati, bisa terperosok ke dasar jurang yang tebingnya mengalami longsor.

Untuk menghindari kecelakaan, pihak kepolisian yang dibantu warga memberlakukan sistem tutup buka di jalur tersebut. Kendaraan dari kedua arah pun diarahkan agar melewati satu lajur secara bergantian. Hal itu sebagai antisipasi kemungkinan melebarnya longsoran tanah hingga memakan sebagian badan jalan.

Kepala Desa Purwasari, Gunawan, saat dihubungi Minggu (16/12/2018), mengatakan, di sepanjang jalan raya Kawali sampai Panawangan memang sering terjadi longsor. Karena terdapat banyak tebing yang tidak diperkuat oleh tembok penahan tebing (TPT). Dia pun berharap agar seluruh tebing di sepanjang jalan raya Kawali-Panawangan agar segera dibangun TPT.

“Seharusnya dilakukan pencegahan dengan dibangun TPT di seluruh tebing yang rawan. Jangan menunggu longsor dulu baru dibangun TPT. Karena jalan raya Kawali sampai Panawangan ini merupakan jalan padat kendaraan menuju Cirebon. Kalau tebing rawan longsor dibiarkan, kami khawatir sewaktu-waktu timbul korban ketika longsor kembali terjadi,” terangnya.

Gunawan menambahkan, apabila terjadi hujan deras, tak sedikit pengendara yang melintas di jalan raya Kawali menuju Panawangan khawatir tertimpa longsor. Karena titik rawan longsor di sepanjang jalur itu tidak hanya satu, tetapi ada beberapa titik lainnya. “Longsor yang terjadi kemarin pun terjadi ketika hujan deras,” ujarnya. (Edji/R2/HR-Online)

KOMENTAR ANDA