Teknologi Canggih Kuno yang Masih Eksis

Teknologi Canggih Kuno yang Masih Eksis

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Jangan bilang jaman kuno merupakan jaman yang jauh dari peralatan teknologi canggih. Justru pada masa kuno ada beberapa teknologi modern yang berhasil ditemukan yang sampai saat ini masih menjadi sebuah misteri. Kita lihat saja pada jaman Nabi Nuh As, beliau dapat membuat bahtera besar yang dilengkapi teknologi canggih hingga terapung kokoh di atas gelombang besar.

Teknologi canggih telah ada di masa kuno dan ini tak terbantahkan berdasarkan bukti-bukti penemuan barang di masa lampau. Ilmuwan di masa lalu tak kalah hebat bahkan sebagian bisa disebut ilmuwan hebat yang mampu membuat alat teknologi canggih yang belum bisa diciptakan manusia sekarang ini.

Hal ini membuat manusia jaman sekarang tidak boleh sombong. Karena warisan teknologi canggih yang dulu masih bisa lebih hebat dari yang sekarang. Hal ini dibuktikan dengan peninggalan peralatan canggih di masa lalu yang sampai saat ini belum terpecahkan. Bahkan sebagian ilmuwan berpendapat bahwa teknologi di masa lalu lebih baik dari sekarang.

Sekarang, perkembangan teknologi berlangsung sangat cepat. Setiap detik lahir sejumlah teknologi baru. Teknologi canggih saat ini bisa menjadi teknologi usang di keesokan hari diganti teknologi baru dan seterusnya. Teknologi inovatif, kreatif terus diciptakan untuk menghadirkan kemudahan bagi manusia dalam menjalani kehidupan dalam berbagai aspek kehidupan. Hampir semua aspek kehidupan manusia telah dimasuki dunia teknologi.

Teknologi maju dan canggih saat ini keberadaannya membantu sekali pekerjaan manusia menjadi lebih mudah, cepat dan ringan. Namun disamping keuntungannya terdapat bahaya dari teknologi canggih terutama dalam segi militer dan bom nuklir yang bisa memusnahkan manusia di seluruh dunia. Yang membahayakan bukan teknologinya tapi pengguna teknologi itu sendiri.

Dengan teknologi yang semakin maju dari hari ke hari membuat kita yakin bahwa kehidupan manusia di masa mendatang akan lebih modern dan canggih lagi. Penemuan teknologi baru saat ini tak terlepas dari penemuan teknologi di masa lampau yang terus disempurnakan sampai saat ini. Sehingga penemu teknologi asalnya adalah orang di masa lampau. Sedangkan ilmuwan saat ini adalah hanya penyempurna.

Berikut ini beberapa teknologi yang telah ada di masa lalu dan masih eksis sampai sekarang, antara lain :

1. Bedah Plastik
Dalam dunia kecantikan, tidak asing lagi dengan namanya bedah plastik modern. Orang yang menginginkan wajah yang cantik, menperbaiki wajah yang rusak dan menutupi kekurangan dalam bagian anggota tubuhnya dapat diperbaiki dengan jalan bedah plastik. Salah seorang yang pertama kali melakukan bedah plastik modern adalah Sir Harold Gilles di tahun 1917. Akan tetapi, sebelum Sir Harold Gilles melakukan bedah plastik modern, teknik bedah plastik sudah dilakukan oleh orang-orang Mesir Purba sejak tigaribu tahun yang lalu.

Pada peradaban Mesir Kuno, orang yang mencuri diberi hukuman potong hidung. Untuk memperbaiki hidung sang pencuri maka dilakukanlah teknik bedah plastik yang menjadi cikal bakal teknologi bedah plastik modern saat ini.

2. Jam Alarm
Teknologi modern lainnya yang telah ada sejak masa kuno adalah jam alarm atau pengingat. Dimana tahun 440 SM, Plato seorang filosof asal Yunani sukses besar membuat jam air yang setiap pagi bisa mengejutkan seseorang. Dan pada tahun 1787, Levi Hutchins menciptakan jam alarm modern yang bisa mengeluarkan bunyi pada saat tempo yang ditentukan.
3. Alat Pendeteksi Gempa Bumi
Berikutnya teknologi canggih yang sudah ada sejak masa lampau adalah alat pendeteksi gempa bumi. Sebelum ada alat modern ini yang dinamakan seismograf, dua ribu tahun yang lalu tepatnya di daerah China ada seorang yang telah lebih dulu menciptakan alat pendeteksi gempa bumi. Ia namanya Zhang Heng.

Itulah teknologi canggih yang telah ada di masa lalu. Semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian. (Deni/R4/HR-Online)

KOMENTAR ANDA