Sabtu, Mei 28, 2022
BerandaBerita CiamisTekuk Bogor FC 3-1, PSGC Ciamis Buka Peluang Promosi ke Liga 2

Tekuk Bogor FC 3-1, PSGC Ciamis Buka Peluang Promosi ke Liga 2

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- PSGC Ciamis buka peluang promosi ke Liga 2 setelah menekuk Bogor FC dengan skor 3-1, pada lanjutan babak 8 besar Liga 3 Nasional, di Stadion Galuh Ciamis, Minggu (16/12/2018) sore. Gol PSGC diciptakan Ardi Ramdani menit 10 (P), Muhammad Arif (60) dan Ganjar Kurniawan (63). Sedangkan gol Bogor FC diciptakan Redi Risnawan (45).

Dengan hasil ini, membuat peluang PSGC untuk mendapat tiket promosi ke Liga 2 semakin besar. Terlebih, di pertandingan lain di grup barat, antara PSCS Cilacap kontra Persiba Bantul yang digelar di Stadion Galuh Ciamis, Minggu (16/12/2018) malam, berakhir seri dengan skor 1-1. Dengan begitu, PSGC kini bertengger di posisi puncak klasemen sementara grup barat babak 8 besar Liga 3 Nasional.

Untuk mengamankan tiket promosi ke Liga 2, PSGC hanya butuh satu lagi kemenangan pada leg kedua melawan Persiba Bantul, di Stadion Galuh Ciamis pada Rabu 19 Desember mendatang. Seperti diketahui, berdasarkan regulasi Liga 3 Nasional, tim yang berhak promosi ke Liga 2 adalah tim peringkat satu, dua dan tiga di klasemen akhir grup barat dan grup timur babak 8 besar.

Hanya satu tim di peringkat juru kunci, baik di grup barat dan grup timur saja yang masih bertahan di Liga 3. Namun begitu, sebagai tuan rumah, PSGC memiliki kans untuk lolos ke babak final Liga 3 Nasional yang akan digelar pada 30 Desember mendatang.

Apabila PSGC hingga laga terakhir babak 8 besar tetap berada di posisi puncak klasemen grup barat, bukan mustahil akan mendapatkan dua gelar, yakni menjadi juara Liga 3 Nasional sekaligus mendapat tiket promosi ke Liga 2 Nasional.

PSGC Kuasai Pertandingan

Sementara dari jalannya laga, PSGC yang bermain di depan ribuan suporternya, langsung berinisiatif melakukan serangan ke jantung pertahanan Bogor FC. Di awal laga, PSGC bermain dengan bola-bola pendek untuk menguasai permainan. Di menit 10, PSGC membuka peluang melalui tendangan Eka Putra yang mengarah ke gawang Bogor FC. Namun, bola masih bisa diamankan oleh kiper Bogor FC.

Di menit 15, PSGC mendapat peluang dari titik putih setelah pemain Bogor FC melakukan pelanggaran di dalam kotak penalti. Ardi Ramdani yang menjadi eksekutor tendangan penalti, berhasil menyarangkan bola ke gawang Bogor FC. Skor pun berubah 1-0 untuk keunggulan PSGC.

Setelah unggul 1-0, tampaknya tak membuat serangan PSGC mengendur. Melalui serangan yang dimotori Ganjar Kurniawan di lini tengah, PSGC terus melakukan tekanan ke jantung pertahanan Bogor FC. Pemain belakang Bogor FC pun harus berjibaku menahan gempuran yang dilancarkan anak-anak Ciamis.

Namun, ketika PSGC berbalik mendapat serangan di menit 45, pemain Bogor FC Redi Rismawan berhasil menciptakan gol balasan setelah memanfaatkan kesalahan pemain belakang PSGC. Kedudukan pun berubah menjadi 1-1 hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, PSGC yang memasang dua striker di lini depan, kembali berinisiatif memperagakan strategi menyerang. Di menit 60, PSGC kembali unggul setelah Muhammad Arif berhasil mencetak gol dari tendangan di luar kotak penalti. Gol yang diciptakan Muhammad Arif memanfaatkan bola muntah setelah PSGC mendapat tendangan bebas dari sisi kiri.

Hanya beberapa menit setelah unggul 2-1, PSGC kembali menciptakan gol ketiga melalui kaki Ganjar Kurniawan. Gol ketiga tercipta setelah Muhammad Arif dan Eka Putra yang bergerak dari sisi kiri memberikan umpan ke jantung pertahanan Bogor FC. Bola yang mengarah ke Ganjar Kurniawan langsung diceploskan ke gawang Bogor FC.

Setelah unggul 3-1, pemain PSGC terlihat menurunkan intensitas serangan. Giliran Bogor FC yang berusaha mengejar ketertinggalan. Memasuki menit 80, pemain kedua tim semakin bermain ngotot hingga beberapa kali terjadi benturan antar pemain. Wasit pun terpaksa mengeluarkan kartu kuning kepada pemain Bogor FC dan pemain PSGC.

Sebelum babak kedua usai, Bogor FC sebetulnya bisa memperkecil kekalahan setelah kiper PSGC Bayu Ali menjatuhkan pemain Bogor FC di dalam kotak penalti. Namun, tendangan penalti yang ditendang pemain Bogor FC malah melambung di atas mistar gawang PSGC. Hingga babak kedua usai, kedudukan tetap 3-1 untuk kemenangan PSGC. Dengan hasil ini, PSGC Ciamis berada di posisi puncak klasemen sementara grup barat sekaligus buka peluang promosi ke Liga 2. (Es/R2/HR-Online)

Klasemen Sementara Grup Barat Babak 8 Besar Liga 3 Nasional

No Tim Main Menang Seri Kalah Gol Poin
1 PSGC Ciamis 1 1 0 0 3-1 3
2 PSCS Cilacap 1 0 1 0 1-1 1
3 Persiba Bantul 1 0 1 0 1-1 1
4 Bogor FC 1 0 0 1 1-3 0
- Advertisment -