Tidak Sulit, Ini Cara Menghilangkan Bau Jengkol di Mulut

Ilustrasi cara menghilangkan bau jengkol pada mulut. Foto : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Indonesia memang kaya akan kuliner tradisionalnya. Salah satunya adalah masakan jengkol yang terkenal sedap, meski ada setelah memakannya mengeluarkan bau yang tidak sedap. Sehingga, agar tidak malu saat ngobrol dengan orang lain, maka harus mengetahui cara menghilangkan bau jengkol pada mulut.

Ternyata bau jengkol juga bukan hanya terjadi di mulut saja, melainkan air seni yang keluar setelah memakan jengkol pun akan terasa bau khasnya. Penyebab bau jengkol yaitu karena kandungan senyawa djengkolic acid atau asam jengkolat.

Meski aroma jengkol tidak selamanya ‘menetap’ di mulut, tapi bau tersebut tentu sangat mengganggu ketika berbicara dengan orang lain. Namun jangan khawatir, pasalnya ada cara menghilangkan bau jengkol pada mulut dengan menggunakan bahan alami, seperti HR Online kutip dari CNN.

# Teh hijau

Yang pertama yaitu dengan meminum teh hijau. Di dalam teh hijau ini mengandung polyphenols, yang bisa menetralikan aroma pada mulut yang disebabkan karena makanan berbau seperti jengkol.   

# Timun

Cara ini banyak dilakukan oleh yang sudah makan jengkol apalagi yang hobi terhadap makanan ini. Pasalnya, timun bisa membuat mulut kembali segar.

#  Minum kopi

Cara menghilangkan bau jengkol pada mulut selanjutnya adalah dengan minum kopi. Bubuk dari kopi dapat menetralkan aroma menyengat yang disebabkan oleh jengkol. Untuk menghilangkan aroma jengkol itu, seduh kopinya jangan memakai gula. Atau bisa juga dengan langsung bubuk kopinya tanpa diseduh terlebih dulu.

# Kunyah beras

Hanya dengan segenggam beras maka aroma jengkol bisa lenyap. Caranya, mengunyah beras tersebut hingga halus. Tapi ingat setelah di kunyah jangan sampai ditelan, tapi langsung dibuang.

# Garam

Cara ini terbilang sangat gampang, karena tinggal mengunyah garam tapi jangan terlalu banyak. Walaupun rasanya asin namun cara tersebut bisa dikatakan ampuh mengusir aroma bau jengkol di mulut. Hal itu disebabkan karena saat mengunyah garam air liur akan produksi air liur akan meningkat. Sehingga dengan banyaknya air liur di mulut maka  air liur yang bau jengkol itu bakalan ternetralisir oleh air liur yang baru diproduksi.

# Minuman bersoda

Cara menghilangkan bau jengkol pada mulut selanjutnya yaitu dengan meminum minuman berkarbonasi atau mengandung soda. Karena, dengan minum soda bukan hanya menghilangkan dahaga tapi juga bisa mengusir aroma jengkol yang menyengat pada mulut.

# Minum susu

Susu terkenal dengan sifatnya yang bisa menetralkan racun bahkan obat, termasuk juga jangkol. Dengan adanya kandungan senyawa allyl sulfida metil dapat mengusir bau tidak enak yang berasal dari jengkol.

# Kunyah permen karet

Cara terakhir yaitu dengan mengunyah permen karet. Banyaknya rasa yang terdapat di permen karet bisa membantu untuk ‘mencuci’ mulut sekaligus membersihkan kotoran di gigi. Atau bisa juga dengan memakai permen mint. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA