Senin, Mei 16, 2022
BerandaBerita TerbaruTips Membuat Password Akun yang Tidak Mudah Dibobol

Tips Membuat Password Akun yang Tidak Mudah Dibobol

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Tidak sedikit yang menjadi korban hacker karena password baik akun email, toko online atau media sosial lainnya diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Diberitakan HR Online sebelumnya, berikut ini daftar password mudah dibobol peretas tidak bertanggung jawab yang tercatat di tahun 2018, antara lain 123456, password, 12345678, Qwerty, 111111, iloveyou, monkey, 123456789, hello, football, kodok dan donald.

Supaya password atau kata sandi akun Anda tidak diretas karena mudahnya dibobol, maka disarankan membuat kata sandi yang kuat serta tak gampang ditebak oleh orang lain.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut ini tips membuat password akun yang benar-benar kuat sehingga sulit ditebak oleh orang lain.

# Password jangan pendek

Tips membuat password akun yang pertama adalah jangan membikin password yang pendek. Dengan kata sandi yang panjang maka si peretas bakal kesulitan untuk membobolnya.

Selain panjang, usahakan kombinasikan huruf kecil dan besar (kapital) dengan angka, simbol serta karakter lainnya.

# Hindari memakai kata yang umum

Kata yang umum memang mudah diingat, seperti tanggal lahir sendiri, anak, istri atau pernikahan. Bahkan jangan pula menggunakan kata yang mengutip dari buku atau film terkenal.

# Menguji password

Setelah tips membuat password akun di atas dipraktekan, coba mengujinya langsung. Cara mengujinya yaitu dengan mengunjungi website penguji kata sandi yaitu How Strong is Your Password, karena di dalamnya ada tool yang dapat menguji keamanan kata sandi Anda.

Atau bisa mencari situs dari developer lainnya yang dipercaya di internet.

# Hindari memakai satu password untuk beberapa akun

Keuntungan dari memakai satu password untuk beberapa akun memang mudah diingat. Namun resikonya adalah jika satu akun dibobol, maka akun lainnya akan mudah ditebak.

# Pakai password manager

Untuk Anda yang mempunyai sifat pelupa, bisa memanfaatkan software Password Manager. Pasalnya, software ini bisa menyimpan informasi kata sandi akun meski berbeda-beda setiap akunnya, dan dapat login ke akun dengan otomatis.

Selain itu, Password Manager juga dapat membuat kata sandi yang lebih kuat, beda serta unik, sehingga tidak mudah dibobol oleh peretas.

Di internet sudah banyak situs atau software password manager, contohnya LastPass atau 1Password. Sementara untuk Anda pengguna Google Chrome yang baru update, juga ada fitur seperti itu, sehingga tidak perlu repot-repot mengunjungi situs lainnya.

# Pakai 2FA

Tips membuat password akun lainnya supaya kata sandi aman yaitu dengan memakai 2FA (Two-factor Authentication).  Anda dapat mengunduh atau cara menggunakan aplikasi Two-factor Authentication di internet. Bisa juga dengan manfaatkan kode yang dikirimkan via SMS. 

# Hati-hati menjawab pertanyan keamanan

Pertanyaan keamanan muncul ketika mendaftar akun email yang baru. Pertanyaan tersebut biasanya menanyakan siapa nama ibu, nama binatang peliharaan dan sebagainya.

Tujuan dari pertanyaan tersebut adalah ketika Anda lupa kata sandi dari akun sendiri, maka Anda harus menjawabnya sesuai saat mendaftar akun baru.

Namun, saat pertama kali membuat akun jangan menjawab dengan sebenarnya. Contohnya, hindari menjawab nama ibu sesungguhnya, Anda bisa menjawab dengan nama lain tapi mudah diingat.

Atau bisa juga jawaban pertanyaan tersebut disimpan di password manager. (Adi/R5/HR-Online)

- Advertisment -