Tips Menghilangkan Bau Ketiak Menggunakan Bahan Alami

Ilustrasi bau ketiak. Foto : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Bau badan yang tidak sedap bisa mengurangi rasa percaya diri baik pada wanita atau pria, terlebih mereka yang sering melakukan interaksi dengan orang lain. Asal bau badan yang tidak sedap ini yaitu dari kelenjar apokrin biasanya di bagian lipatan pada tubuh seperti ketiak.

Jika bau tidak sedap yang berasal dari ketiak ini dibiarkan saja tentu bukan hanya mengurasi rasa percaya diri, melainkan juga membuat orang yang ada di sekitar Anda akan terganggu oleh aroma yang menyengat ini.

Ketimbang malu karena aroma tersebut, lebih baik diatasi dengan menghilangkan bau ketika tersebut. Nah berikut ini tips menghilangkan bau ketiak menggunakan bahan alami, yang HR Online rangkum dari berbagai sumber.

# Daun sirih

Anti-oksidan yang tinggi di daun sirih sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Kandungan lainnya antara lain karoten, vitamin C, riboflavin, niacin serta tiamin.

Untuk mengusir bau ketiak menggunakan daun sirih, terlebih dulu siapkan daun sirih secukupnya kemudian direbus dengan air sebanyak dua gelas. Setelah itu, air rebusan daun sirih itu dimasukan ke dalam bak mandi atau ember yang biasa untuk mandi. Jik aingin hasil maksimal lakukanlah dengan rutin setiap hari sampai bauk ketiak hilang.

# Daun beluntas

Tips menghilangkan bau ketiak lainnya yaitu dengan menggunakan daun beluntas. Daun yang berasal dari tanaman liar ini di dalamnya terkandung vitamin A, C, asam amino, fosfor, alkaloid, minyak atsiri dan masih banyak lagi.

Sebelum diminum, rebus dulu beberapa lembar daun beluntas sampai matang atau mendidih. Apabila ingin hasil maksimal, minumlah rebusan air tersebut dua kali dalam satu hari.

# Daun kemangi

Seperti daun beluntas, daun kemangi juga mempunyai kandungan minyak atsiri yang bisa mengusir bau tidak sedap yang berasal dari ketiak. Sefat lain dari daun kemangi ini juga sebagai anti-septik.

Jika Anda menyukai daun kemangi yang mentah, bisa dijadikan sebagai lalapan pada makanan Anda. Atau bisa juga dijadikan seperti teh. Caranya, daun kemangi tersebut dikeringkan, kemudian ditumbuk sampai lembuh hingga bentuknya menyerupai teh seduh. Langkah terakhir, siapkan air panas dan seduh daun kemangi itu tapi jangan lupa memakai saringan.   

# Bunga kecombrang

Tanaman lainnya yang berguna untuk menghilangkan aroma menyengat dari ketiak ini yaitu bunga kecombrang. Seperti yang di atas, bunga kecombrang ternyata mengandung senyawa dan zat yang bisa mengusir bau ketiak.

Setelah ditumbuk kasar bunga kecombrang serta batangnya itu, kemudian pakai layaknya sabun mandi.

# Temulawak

Minyak atsiri serta senyawa lainnya yang sangat bermanfaat untuk menghilangkan bau ketiak juga terdapat di temulawak.

Sebelum diminum, temulawak yang sudah disiapkan itu diparut dan diberi air lalu diperas. Supaya rasanya mantap, tambahkan madu sebanyak satu sendok teh.

# Cengkeh

Cengkeh juga di dalamnya terkandung minyak atsiri. Cara membuat minuman cengkeh yaitu rendah cengkeh selama lima belas menit. Campurkan dengan madu jika ingin rasanya sedap. Jika ingin hasil maksimla, minumlah dua kali sehari.

# Jahe

Tips menghilangkan bau ketiak lainnya yaitu dengan memanfaatkan jahe menjadi minuman atau yang lebih terkenal dengan wedang jahe. Dengan mengonsumsi wedang jahe secara rutin, sangat membantu mengusir bau ketiak, karena di dalam jahe terdapat kandungan minyak atsiri.

# Jeruk

Baik jeruk purut maupun jeruk nipis juga bisa membantu Anda menghilangkan bau badan. Untuk jeruk purut Anda bisa meminum perasan jeruk tersebut dua kali dalam satu hari.

Sementara jeruk nipis, dibuat seperti deodoran yang dioleskan ke ketiak. Pakai deodoran dari jaruk nipis ini setelah mandi.

# Mentimun

Selain vitamin A, C dan K serta asam pantotenat dan folat, mentimun juga di dalamnya hampir seluruhnya terdiri dari air. Untuk tips menghilangkan bau ketiak menggunakan mentimun yaitu dengan merubahnya menjadi masker. Pakai 2 kali dalam satu minggu masker tersebut di ketiak. (Adi/R5/HR-Online)