Trik Dekorasi Ruangan Sempit Agar Terlihat Luas

Trik Dekorasi Ruangan Sempit Agar Terlihat Luas

Berita Properti, (harapanrakyat.com),- Rumah adalah harta tetap yang sangat penting dalam hidup. Membangun rumah tentunya disesuaikan dengan kebutuhan, mau rumah besar, sederhana ataupun minimalis. Kali ini, harapanrakyat.com membahas mengenai trik dekorasi ruangan sempit agar terlihat luas bagi yang memiliki rumah sederhana atau minimalis.

Memilih Cat Warna Terang untuk Dinding

Pilihlah cat warna cerah seperti putih, biru muda, hijau muda, kuning cerah dan warna cerah lainnya. Warna cerah dipercaya banyak kalangan secara turun-temurun dapat memberikan efek luas pada ruangan sempit.

Persepsi inipun dibenarkan para ahli dan arsitektur. Mereka pun merekomendasikan cat warna putih untuk dinding ruangan jika ingin ruangan itu terlihat luas. Berbeda dengan cat warna gelap. Warna gelap justru akan membuat ruangan tampak lebih sempit.

Namun, cat warna gelap membuat ruangan terlihat lebih nyaman dan tenang. Alasanya karena cat warna gelap tidak memantulkan cahaya yang masuk.

Furnitur Multifungsi

Meletakkan furniture seperti meja dan almari pada ruangan, akan memakan banyak ruang dan membuat ruangan menjadi sempit. Solusinya adalah menggunakan furniture multifungsi. Misalnya meja dengan banyak laci yang bisa difungsikan seperti almari.

Dengan memanfaatkan furniture multifungsi, selain menghemat pengeluaran juga dapat membuat ruangan jadi lebih lega dan luas. Jika memiliki kamar yang sempit, anda bisa membeli kasur yang dibawahnya terdapat laci untuk menyimpan pakaian atau barang-barang.

Hal ini dapat mengurangi biaya untuk almari dan juga bisa menghemat penggunaan ruangan. Anda bisa menggunakan berbagai furnitur yang memiliki fungsi ganda seperti meja belajar dengan rak buku dan furnitur-furnitur multifungsi lainnya.

Furnitur Dinding untuk TV

Apabila ruangan keluarga terkesan sempit, cobalah menggunakan furnitur yang digunakan untuk meletakkan TV. Jangan pernah ragu untuk menempelkan perangkat elektronik seperti TV, DVD player atau eletronik lainnya di dinding. Hal ini dapat dilakukan untuk menghemat penggunaan space ruangan yang sempit.

Hilangkan Pintu

Pintu yang dimaksud bukanlah pintu utama yang menghubungkan dalam rumah dengan luar rumah. Akan tetapi pintu yang biasanya digunakan untuk memisahkan antar ruangan.

Jika rumah Anda terdapat banyak ruangan yang saling berdekatan, penggunaan pintu justru akan menghabiskan penggunaan ruangan. Sebagai gantinya, gunakan sekat ruangan atau tirai. (Deni/R4/HR-Online)