Trik Siasati Baju Bebas Bau Apek saat Musim Hujan

Trik Siasati Baju Bebas Bau Apek saat Musim Hujan. Photo: Net/Ist.

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Saat musim hujan, baju yang tidak kering sempurna biasanya menimbulkan bau apek. Cuaca mendung membuat pakaian yang sudah dicuci akan lebih lama keringanya.

Terdengarnya mungkin sepele, namun jika hal itu terus berlanjut, tentunya Anda akan merasa terganggu. Tapi jangan khawatir, karena ada beberapa trik sederhana untuk mensiasati agar baju yang tidak kering sempurna bebas bau apek saat musim hujan.

Dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (05/12/2018), berikut ini beberapa trik sederhananya yang mungkin bisa Anda coba;

Perhatikan cara cuci baju

Pisahkan berdasarkan jenis pakaian, warna, dan bahan kain saat Anda akan mencuci baju. Kalau mencucinya dengan cara dikucek, maka kuceklah sampai benar-benar bersih.

Jika perlu, sikat hingga kotoran dari pakaian terangkat semua. Namun perlu diingat, ketika mengucek dan menyikat baju jangan terlalu keras supaya bahannya tidak gampang rusak.

Sedangkan, jika mencucinya menggunakan mesin cuci, selalu pastikan mencucinya dengan hati-hati. Jadi, cucilah pakaian hingga benar-benar bersih. Lalu, bilas 3 sampai 4 kali. Pastikan pula tidak ada sisa sabun yang tertinggal.

Kemudian, rendam dengan pewangi pakaian selama 15 sampai 20 menit. Sebaiknya gunakan pewangi yang berkualitas dengan aroma lembut, jangan yang terlalu menyengat.

Sebab, pewangi dengan aroma yang terlalu menyengat justru akan membuat baju jadi bau ketika musim hujan. Bila sudah dibilas, peras pakaian sampai kandungan airnya benar-benar berkurang.

Menjemur pakaian

Pilih tempat terbuka yang terdapat angin saat menjemur pakaian. Usahakan bagian atas tempat menjemur pakaian tertutup kaca atau atap yang menerawang. Selain itu, bisa juga memberi lampu atau penerangan di dekat jemuran supaya pakaian cepat kering dan tidak terlalu lembap.

Menyetrika pakaian

Setelah dijemur dan kering, pakaian harus segera disetrika, dan saat menyetrika pastikan panas setrika sesuai dengan bahan. Jika baju benar-benar kering, jangan menyetrika dengan suhu terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Saat menyetrika Anda juga bisa menyemprotkan pewangi. Setelah itu setrika lagi di tahap akhir atau merapikan baju.

Menyimpan pakaian

Simpanlah pakaian di tempat yang kering atau tidak lembap. Simpan pakaian sesuai jenis bahan agar selalu rapi. Bisa juga menyimpan pakaian berdasarkan jenis. Missal, simpan atasan atau kemeja dengan kemeja lagi, kaos dengan kaos, atau pakaian berbahan jeans bersama sejenisnya.

Selain memudahkan dalam mencari pakaian saat ingin dipakai, cara menyimpan seperti ini juga dapat membuat isi lemari Anda selalu rapi. Sedangkan, untuk pakaian yang susah dilipat, sebaiknya disimpan dengan cara digantung. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA