Kamis, Mei 26, 2022
BerandaBerita BanjarTurnamen Mini Soccer Tingkat SMA se-Kota Banjar Segera Digelar

Turnamen Mini Soccer Tingkat SMA se-Kota Banjar Segera Digelar

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Turnamen Mini Soccer tingkat SMA/sederajat untuk pertama kalinya akan digelar di Kota Banjar, Jawa Barat, pada tanggal 8 sampai 9 Desember 2018.

Dengan mengusung tema Harmony in Diversity, CRF, selaku panitia acara, berharap turnamen Mini Soccer ini dapat menjadi ajang silaturahmi dan solidaritas antar pelajar SMA/sederajat yang ada di Kota Banjar.

Selain itu, turnamen yang akan digelar itu diharapkan dapat memberikan ruang bagi para pelajar untuk menyalurkan bakatnya dalam bidang olahraga, khususnya mini soccer.

Jumlah peserta dalam turnamen tersebut akan diikuti sebanyak 16 tim, perwakilan dari SMA/sederajat yang ada di Kota Banjar.

Seperti diketahui bahwa mini soccer dimainkan di Inggris dari tahun 90-an. Diperkenalkan oleh Asosiasi Sepakbola Inggris yang dikhususkan bagi sekolah-sekolah di Inggris.

Karena lapangan dan gawangnya berukuran lebih kecil, maka permainan ini melatih pemain muda untuk mengasah keterampilan mengolah bola dengan lebih banyak menyentuh bola.

Sedangkan, di Indonesia, mini soccer atau yang biasa disebut dengan sepakbola miniĀ ini mulai eksis sejak akhir tahun 2013. Mini Soccer adalah salah satu cabang olahraga yang sangat berbeda dibandingkan olahraga futsal, namun tidak jauh berbeda dengan sepakbola.

Ada beberapa peraturan yang dimiliki oleh olahraga yang satu ini, antara lain;

  • Pemain mini soccer berjumlah 12 orang, terdiri dari 7 pemain inti dan 5 cadangan
  • Pergantian pemain bebas di lakukan
  • Bila terjadi draw/imbang langsung diadakan tendangan pinalti
  • Tidak berlaku untuk penggunaan kartu merah dan kartu kuning. Jika ada yang melanggar dalam permainan tersebut hanya diberi peringatan saja
  • Offside juga tidak berlaku

Untuk ukuran lapangan mini soccer memiliki ukuran sebagai berikut;

  • Ukuran lapangan 60 meter x 40 meter
  • Tinggi gawang 2 meter
  • Lebar gawang 5 meter

Lapangan mini soccer menggunakan rumput sintetis atau rumput buatan yang dibuat dari serat sintetis. (Eva/R3/HR-Online)

- Advertisment -