Rabu, Oktober 27, 2021
BerandaBerita CiamisWarga Ciamis Resah, Banyak Uang Hilang Secara Misterius

Warga Ciamis Resah, Banyak Uang Hilang Secara Misterius

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Warga Dusun Pohat, Desa Karangpaningal, Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis, merasa resah lantaran sering kehilangan uang secara misterius. Uang hilang secara misterius itu jumlahnya bervariasi, mulai dari puluhan sampai ratusan ribu rupiah.

Riki Rahman, warga Dusun Pohat, ketika ditemui Koran HR, Senin (10/12/2018), membenarkan peristiwa yang terjadi beberapa waktu belakangan ini. Menurut dia, sementara ini warga menduga uang yang hilang secara misterius itu merupakan ulah mahluk gaib, tuyul.

“Sudah hampir satu bulan ini warga geger. Awalnya warga tidak merasa aneh, tapi setelah banyak yang mengalaminya, merekapun merasakan hal yang janggal,” katanya.

Dari hasil pendataan, kata Riki, total uang hilang secara misterius itu mencapai lebih dari Rp. 15 juta. Setiap warga kehilangan uang secara bervariasi, mulai dari Rp. 10 ribu, sampai Rp. 1 juta.

Lebih lanjut, Riki menjelaskan, kejanggalan yang paling terasa oleh warga yaitu uang yang hilang hanya sebagian saja. Jelas, Riki menduga, kehilangan uang yang dialami warga bukan ulah pencuri biasa.

“Kalau sama orang biasa, enggak mungkin hilangnya cuma sedikit-sedikit, pasti semuanya diambil. Bahkan ada warga yang hilang uang ketika sudah dapat donasi dari bencana. Tetapi pas di rumah uang dalam amplop tiba-tiba hilang. Padahal kondisi amplop masih tertutup rapat,” ujarnya.

Menindaklanjuti kondisi itu, warga pun membuat dan spanduk berisi kekesalan di sejumlah titip jalan. Spanduk itu berisi “Saha bae nu gaduh TUYUL, daru’akeun hirupna ulah jamuga” atau siapa saja yang punya tuyul doakan hidupnya tidak selamat.

Warga lainnya, Iis, mengaku beberapa kali kehilangan uang. Total jumlah uang yang hilang terakumulasi mencapai Rp. 1 juta. Uang itu hilang secara bertahap, bukannya dalam satu waktu.

“Saya juga heran. Tapi bukan saya saja, banyak juga yang mengalaminya. Semoga ada titik terang untuk permasalahan ini,” katanya.

Di tempat terpisah, Waslim, warga lainnya, mengimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan dan mensiagakan kembali keamanan melalui Poskamling. (Heri/Koran HR)

- Advertisment -

Berita Terbaru