3 Aplikasi Browser Android Super Ringan dan Menghemat Data Internet

3 Aplikasi Browser Android. Foto : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Ponsel Android selain digunakan untuk bermedia sosial juga bisa dimanfaatkan untuk mencari berbagai macam informasi, seperti resep masakan, ilmu pengetahuan dan sebagainya.

Sementara guna mencari informasi tersebut di Android, Anda harus menggunakan aplikasi browser, yang tersedia banyak di play store. Tapi, masalahnya tidak semua aplikasi browser Android itu ringan, nyaman dipakai atau tidak boros kuota internet.  

Terlebih, Android yang Anda pakai memiliki RAM yang kecil. Karena tidak sedikit aplikasi browser yang ‘menguras’ RAM cukup banyak, sehingga performa smartphone menjadi lelet.

Lantas aplikasi browser Android apa saja yang ringan dan nyaman? Berikut ini rekomendasi HR Online yang dirangkum dari berbagai sumber.

# Firefox Rocket

Bagi Anda yang sering berselancar di dunia maya sudah tidak asing dengan nama Firefox. Ya, bisa dikatakan browser ini sudah lama ada. Firefox pertama kali ada untuk komputer Mozilla Firefox yang dirilis 9 November 2004.

Setelah ramai beredar ponsel Android, peramban web gratis yang dibuat oleh nirlaba global ini juga merambah smartphone.

Sementara di Tanah Air sendiri, perusahaan ini mengembangkan mozilla super ringan yang khusus untuk pengguna setianya, dengan nama Firefox Rocket. Hal itu dikarenakan, tidak sedikit orang Indonesia yang setiap harinya mengakses dunia maya.

Keunggulan dari browser ini antara lain mempunyai mode turbo, yang bisa menghemat data internet serta tidak akan terganggu oleh iklan yang berseliweran karena di peramban ini bebas iklan.

Selain itu, pengguna Firefox Rocket juga bisa berselancar di dunia maya dengan cepat, tampilan atau desainnya sederhana dan mudah dipakai. Peramban ini juga dibekali dengan fitur menyimpan, sehingga bisa membuka tanpa data internet atau offline.

Anda dapat mengunduh aplikasi Firefox Rocket di Google Play dengan gratis, dan ukurannya sangat kecil yaitu 3,3 MB.

# Opera Mini

Aplikasi browser Android selanjutnya ada Opera Mini. Tampilan peramban ini samap seperti di komputer dengan desain yang simple.

Keunggulan Opera Mini ada multi tab, yang bisa membuka tab atau jendela sebanyak-banyaknya atau unlimited multi tab. Kelebihan lainnya, dapat menyimpan halaman web yang seaktu-waktu bisa dilihat kembali, tanpa menggunakan data internet.

Fitur lainnya yang tersedia, mempunyai fitur yang bisa memblokir iklan atau ad-block. Opera Mini juga bisa mengompres data yang tinggi sampai 90 persen, jadi Anda dapat hemat data internet.

Di Google Play Store aplikasi peramban yang sudah diunduh lebih dari 100 juta ini bisa dipasang dengan gratis, dan besaran kapasitas hanya 8,1 MB.

# Google Chrome

Google Chrome juga sama terkenalnya dengan dua aplikasi browser yang ada di atas. Browser produk Google ini merupakan peramban bawaan di setiap ponsel dengan basis Android.

Karena browser ini dirancang untuk pengguna Android, maka desain user interface pun sangat sederhana. Tidak ada menu yang banyak karena hanya tersedia tab serta bebera icon.

Google Chrome merupakan salah satu peramban yang sedikit menguras RAM smartphone. Karena resources atau sumber daya yang dibutuhkan sangat kecil. Sehingga saat awal membuka atau startup sangat cepat.

Kelebihan lainnya dari aplikasi browser Android ini bisa hemat data internet sampai 60 persen. Kemudian, tab juga terpisah sehingga saat terjadi gangguan atau crash di salah satu tab, maka tab yang lain tidak akan terganggu.

Selain itu, Google Chrome juga mendukung bermacam-macam add ons dan aplikasi lainnya. Anda juga bisa merubah tampilan yang lebih cantik, karena disediakan berbagai macam themes serta skin. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA