55 Relasi KPU Pangandaran Dilantik

Relawan Demokrasi KPU Pangandaran saat berfoto bersama usai pelantikan. Foto: Ceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- KPU Pangandaran melantik dan mengukuhkan sebanyak 55 orang Relawan Demokrasi (Relasi) yang bertempat di Aula Hotel Jeng Ratu Jalan Kalen Buaya Pangandaran, Kamis (24/01/2019).

Ketua KPU Pangandaran, Muhtadin, mengatakan, setelah melalui proses seleksi dari 158 calon Relasi, kini tersisa sebanyak 55 orang dan secara resmi dilantik dan dikukuhkan. Dari ke 55 orang tersebut, meliputi 10 basis pemilih, sesuai petunjuk teknis (Juknis) Relasi Pileg dan Pilpres 2019.

“Basis Pemilih tersebut di antaranya pemilih pemula, pemilih muda, pemilih perempuan, penyandang disabilitas. Kemudian basis pemilih keluarga, basis keluarga, basis pemilih berkebutuhan khusus, pemilih marginal, komunitas, keagamaan dan warga internet (Warganet),” paparnya.

Setelah pelantikan dan pengukuhan tersebut, lanjutnya, para peserta langsung diberikan pembekalan/Bimtek.

“Sesuai dengan basis pemilih, para peserta diberikan pemahaman dan wawasan agar mereka tidak kaku selama menjalankan tugasnya di tengah-tengah masyarakat. Saya berharap dengan adanya Relawan Demokrasi, masyarakat memberikan hak suaranya dengan baik, tanpa ada unsur paksaan. Selain itu, saya berharap partisipasi pemilih pada pemilu 2019 ini bisa mencapai 77-80 persen,” pungkasnya. (Ceng/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA