81 Rumah di Panumbangan Ciamis Rusak Disapu Angin Puting Beliung

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-Sedikitnya 81 rumah warga di Desa Golat, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dilaporkan rusak akibat diterjang angin puting beliung yang terjadi Jum’at (11/01/2019) sore. Beruntung, tidak ada korban jiwa maupun luka pada kejadian tersebut.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis, Ani Supiani, mengatakan, dari laporan terakhir yang masuk ke BPBD, sudah dapat dipastikan tidak ada korban jiwa dalam kejadian bencana tersebut. Hanya, tambah dia, jumlah rumah yang mengalami kerusakan bertambah dari laporan kemarin.

“Kemarin jumlah rumah yang rusak dilaporkan 50 unit. Laporan tadi pagi jadi bertambah menjadi 81 rumah yang rusak,” ujarnya, kepada HR Online, Sabtu (12/01/2019).

Ani menambahkan, dari 81 rumah warga yang rusak, yang tergolong rusak sedang hampir separuhnya. Sementara rumah masuk kategori rusak berat hanya 1 rumah. “Data detailnya masih direkap. Karena kami pun masih menunggu laporan dari pihak desa. Khawatir masih ada lagi rumah warga terdampak belum terdata,” katanya.

Menurut Ani, di Desa Golat, daerah yang terdampak angin puting beliung yaitu di Dusun Citerep, Dusun Ciroke, dan Golat Landeh. “Kerusakan rumah paling banyak yaitu di Dusun Ciroke, termasuk bangunan salah satu pesantren rusak akibat disapu angin puting beliung ini,” katanya.

Ani menungkapkan, meski tidak menimbulkan korban jiwa, bencana puting beliung di Desa Golat ini cukup kencang. Sampai-sampai dua tiang listrik PLN roboh dan menimpa salah satu rumah warga.

“Menurut kesaksian korban, angin puting beliung di Desa Golat ini cukup kencang. Sampai-sampai atap kanopi berterbangan dan masuk rumah warga. Beruntung, tidak ada korban jiwa maupun luka dalam bencana tersebut,” pungkasnya.

Sementara itu, akibat dua tiang listrik PLN roboh, sempat membuat aliran listrik di daerah terdampak padam. (R2/HR-Online)

KOMENTAR ANDA