Angin Kencang Sapu Rancah Ciamis, Rumah Warga Rusak dan Pohon Bertumbangan

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-
Hujan deras yang disertai angin kencang melanda Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Senin (21/01/2019), sekitar pukul 15.00 WIB. Akibatnya, sejumlah rumah warga dilaporkan mengalami kerusakan akibat disapu angin atu tertimpa reruntuhan pohon serta tiang listrik.

Hingga berita ini diunggah, baru terdata 11 rumah warga yang mengalami kerusakan. Pihak pemerintah desa setempat masih melakukan pendataan. Rumah yang mengalami kerusakan akibat bencana ini terdapat di Desa Rancah dan Desa Wangunsari Kecamatan Rancah.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Ciamis, Ani Supiani, mengatakan, hingga sore pukul 18.00 WIB, baru terdata 11 rumah yang mengalami kerusakan di Desa Rancah. Pihaknya, kata dia, masih menunggu hasil pendataan akhir yang dilakukan pihak pemerintah desa setempat.

Menurut Ani, dari laporan yang diperoleh, di Desa Rancah terdapat pohon besar di dua titik yang mengalami roboh dan menghalangi badan jalan. Namun, kata dia, potongan pohon yang robah tersebut sudah dievakuasi oleh aparat yang dibantu warga setempat.

“Pohon yang tumbang ke jalan itu sempat mengganggu arus lalu lintas. Namun, setelah dievakuasi, kini arus lalu lintas sudah lancar kembali,” ujarnya.

Selain pohon tumbang, lanjut Ani, saung steam cuci mobil dan motor yang masih berada di Desa Rancah ambruk akibat disapu angin kencang. “Bangunan kantor Polsek Rancah pun tertimpa tiang listrik dan mengalami rusak ringan,” katanya.

Sementara itu, di Desa Wangunsari, dilaporkan satu rumah warga mengalami rusak berat setelah tertimpa pohon albasia dan kelapa. Rumah itu milik Wawan Hermawan, Dusun Wangun RT 02/RW 06 Desa Wangunsari, Kecamatan Rancah.

“Beruntung saat rumahnya tertimpa pohon, posisi penghuni rumah tengah berada di ruang dapur. Sementara pohon tumbang menghantam rumah bagian depan. Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian tersebut,” terangnya. (R2/HR-Online)

KOMENTAR ANDA