Begini Cara Agar Motor Matik Tetap Awet dan Tidak Cepat Rusak

Ilustrasi. Foto: Net/Ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Motor matik merupakan salah satu jenis kendaraan roda dua yang cukup digemari oleh sebagian masyarakat. Selain gampang, motor ini juga lebih praktis, apalagi untuk membawa barang-barang. Untuk menjaga agar motor matik tetap awet serta tidak cepat rusak, maka ada beberapa langkah yang harus dilakukan setiap hari oleh pemiliknya.

Pertama, memanaskan mesin motor setiap pagi secara rutin sebelum beraktivitas. Pemanasa mesin ini berguna agar sirkulasi oli berjalan dengan maksimal dalam melumasi komponen yang ada di dalam mesin. Adapun durasi pemanasannya, bisa dilakukan secara langsam dengan durasi 5-10 menit.

Kedua, perhatikan bahan bakar. Maksud dari langkah ini adalah memastikan bahan bakar yang dipakai itu apakah sesuai rekomendasi pabrikan motor tersebut atau tidak. Pasalnya, Anda jangan sampai memakai bahan bakar yang beroktan rendah ataupun terlalu tinggi lantaran bisa menyebabkan timbale atau kotoran di ruang tangki. Sehingga, hal itu bakal membuat motor mengalami knocking atau ngelitik. Dan paling penting, pastikan tangkinya selalu terisi agar tidak mendorong di tengah perjalanan. Selain itu, gantilah oli secara teratur agar mesin tetap bekerja dengan maksimal.

Ketiga, biasakan mengecek tegangan listrik pada baterai atau aki. Pasalnya, motor matic, terutama yang sudah injeksi, sangat mengandalkan kelistrikan. Untuk itu, Anda harus memastikan listik pada aki tersebut jangan sampai di bawah 12 volt. Di beberapa model matik sudah ada fitur indicator tegangan aki pada panel instrument yang memudahkan pengguna memantau kondisi aki.

Keempat, agar motor matik tetap awet dan tidak cepat rusak adalah dengan melakukan servis secara berkala di bengkel resmi. Hal ini agar riwayat motor, terutama kerusakan serta kondisi motor bisa dipantau. Tak hanya itu, di bengkel resmi juga bisa memastikan garansi mesin serta kelistrikannya sehingga motor matic anda aman.

Demikian langkah sederhana agar motor Anda tetap awet dan tidak cepat rusak. Paling penting dalam berkendara, adalah tetap mengutamakan keselamatan dengan menggunakan helm, mematuhi aturan lalu lintas serta melengkapi surat-surat saat berkendara. (Muhafid/R6/HR-Online)