Begini Cara Memasak Nasi yang Benar Agar Terhindar dari Diabetes dan Kanker

Begini Cara Memasak Nasi yang Benar Agar Terhindar dari Diabetes dan Kanker. Photo: Net/Ist.

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Masyarakat Indonesia menjadikan nasi sebagai menu utama. Celakanya, cara memasak nasi yang kurang tepat bisa membahayakan bagi kesehatan tubuh manusia.

Para ilmuwan Inggris menduga, pemakaian pestisida dan pupuk kimia yang mencemari tanah tempat bercocok tanam padi menjadi pemicunya. Namun, cara memasak nasi yang baru-baru ini dilakukan para ilmuwan di Queen’s University Belfast, diyakini dapat mengurangi bahan kimia beracun dalam beras secara alami.

Dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (19/01/2019), sisa-sisa racun yang berasal dari bahan kimia telah mencemari padi dan menjadi sumber ancaman bagi manusia. Pasalnya, racun arsenik dalam beras yang terpapar dalam jangka waktu lama dapat memicu berbagai masalah kesehatan, diantaranya gangguan pertumbuhan, diabetes, penyakit jantung dan kanker.

Memasukkan air lebih banyak ke dalam panci yang berisikan beras, lalu merendamnya selama satu malam merupakan cara terbaik untuk membuang sisa-sisa racun arsenik dalam beras.

Dalam program BBC Trust Me, I am a Doctor, Profesor Andy Meharg, dari Queens’s University Belfast, melakukan pengujian tiga cara masak nasi. Berikut ini adalah tiga cara yang dilakukannya;

Cara Memasak yang Aman

Pertama, Profesor Andy Meharg memasak dengan menggunakan rasio dua bagian air untuk satu bagian beras. Dengan cara seperti ini, selama beras dimasak air akan menguap semuanya.

Kemudian cara kedua, dia menggunakan rasio lima bagian air untuk satu bagian beras. Dengan air yang lebih, maka kadar racun arsenik akan berkurang hampir setengahnya.

Cara ketiganya, Profesor Andy tidak langsung memasak, namun terlebih dahulu merendam beras selama satu malam menggunakan rasio air yang sama dengan cara kedua. Dengan cara ke tiga ini, ternyata kadar racun arsenik berkurang hingga 80 persen.

Langkah-langkah Memasak Nasi yang Benar

Berikut ini adalah beberapa langkah memasak nasi yang sehat dan benar seperti yang telah dicontohkan oleh Profesor Andy Meharg;

  1. Ukur dulu berapa banyak beras yang hendak dimasak dalam panic
  2. Selanjutnya, rendam beras selama satu malam
  3. Lalu, buang air untuk merendam, dan cuci beras hingga air cuciannya terlihat bening
  4. Setelah itu, tiriskan dengan sangat baik
  5. Simpan beras dalam panci dengan lima bagian air untuk satu bagian beras, bisa ditambah sedikit garam, lalu aduk sekali saja
  6. Biarkan hingga mendidih dan masak dengan api kecil.
  7. Panic ditutup dengan rapat
  8. Masak dengan api kecil selama 10 menit sampai 15 menit. Jangan pernah membuka tutup panci sama sekali saat proses memasak
  9. Dan, pakailah garpu untuk memeriksa kematangan nasi

Itulah cara-cara masak nasi yang sehat dan benar, seperti dicontohkan oleh Profesor Andy Meharg, dan Anda bisa memulainya dari hari ini untuk mendapatkan tubuh tetap sehat. (Eva/R3/HR-Online)