Begini Cara Tepat Memilih Semangka yang Manis dan Matang

Ilustrasi. Foto: Net/Ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Buah semangka bagi sebagian orang memang menjadi favorit, apalagi buahnya yang manis, segar dan renyah menjadi pelengkap di saat suasana sedang panas. Selain itu, kandungan vitamin di dalamnya juga sangat bagus bagi kesehatan tubuh. Agar bisa memilih semangka yang manis dan matang, ada beberapa trik yang perlu dicoba sebelum Anda membelinya.

Sebelum ke cara untuk memilih semangka yang manis dan matang, perlu diketahui bahwa semangka atau tembikai ini merupakan kerabat labu, melon serta timun yang mana hidupnya merambat. Sedangkan semangka ini bisa disantap dalam keadaan segar, sedangkan bijinya bisa dikeringkan, disangrai yang kemudian dimakan seperti halnya kuaci.

Adapun langkah pertama untuk memilih semangka, adalah dengan melihat corak kulit semangka. Untuk mendapatkan semangka yang sesuai harapan, semangka manis biasanya tampilan warna kulitnya terlihat hijau gelap dan pucat. Apabila kulit luarnya tampak bercahaya, biasanya semangka tersebut belum matang dengan sempurna. Soal corak, bila garis pada kulit lebih teratur, bisa dipastikan semangka tersebut berkualitas.

Langkah selanjutnya, tanda semangka yang sudah matang adalah tangkainya keriting lantaran sudah kering. Jika tangkai semangka masih terlihat lurus, bisa jadi semangka tersebut terlalu cepat dipanen oleh sang petani.

Ketiga, dengan cara mengetuknya menggunakan kepalan jari atau tangan. Jika terdengar suara dengan volume padat, biasanya itu merupakan semangka yang baik. Sebaliknya, jika suaranya hampa dan kosong, maka semangka tersebut belum terlalu matang, dan rasanya pun jelas tidak sesuai harapan.

Terakhir, dengan cara mengangkat semangka tersebut. Saat membeli, Anda tidak hanya mengamati dan mengetuk seperti langkah di atas, akan tetapi juga mengangkatnya. Pasalnya, semangka yang sudah matang pasti penuh dengan air, dan sebaliknya yang masih terasa hampa biasanya belum terlalu matang. (Muhafid/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA