Berbagai Tips Memilih Baju Imlek Sesuai Fashion

Ilustrasi Baju Imlek. Foto: Istimewa

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Bagi orang-orang Tionghoa, tentu perayaan Imlek memang wajib dirayakan setiap tahunnya. Ketika merayakan Imlek, kebanyakan orang Tionghoa memilih pakaian berwarna cerah untuk dikenakan saat perayaan tiba. Di tahun 2018 silam, banyak pilihan warna yang bisa dikenakan, seperti merah, pastel, biru, navy, cream, dan lain sebagainya. Jika biasanya saat Imlek orang-orang mengenakan baju cheongsam atau qipao. Sebaiknya, ketahui beberapa hal ini sebelum memutuskan untuk membeli baju Imlek  

Pilihlah Baju Sesuai Bentuk Tubuh

Ketika memilih baju cheongsam, maka Anda harus mengetahui bentuk tubuh Anda terlebih dahulu. Bagi Anda yang memiliki tubuh tidak terlalu tinggi bisa memilih baju cheongsam dengan panjang hingga semata kaki, sedangkan bagi yang bertubuh mungil bisa mengenakan baju cheongsam dengan model selutut. Baju model cheongsam sendiri biasanya memiliki model belahan tinggi yang berfungsi memperlihatkan tubuh agar tampak ramping.

Pilihlah Warna yang Sesuai

Kebanyakan warna baju Imlekberwarna merah yang melambangkan kesejahteraan dan keberuntungan. Meski begitu, selain warna merah Anda bisa menghindari warna cerah bagi Anda yang memiliki tubuh berisi. Gunakan saja warna gelap, seperti hitam.

Pilihlah Bahan yang Berkualitas

Baju Imlek biasanya menggunakan bahan sutra, satin, brokat, atau katun. Ketika menentukan model baju yang akan digunakan di acara resmi, maka sebaiknya pilihlah baju berbahan sutra, satin, atau brokat. Bahan-bahan tersebut akan membuat Anda tampil lebih mewah dan menawan. Jika acara yang akan dihadiri hanyalah acara santai, maka Anda bisa memilih baju berbahan katun. Bagi Anda yang bertubuh ramping, pilihlah bahan sutra atau brokat agar bisa menyesuaikan bentuk tubuh Anda. Sedangkan, untuk bahan katun atau satin cenderung aman digunakan untuk berbagai ukuran dan bentuk tubuh.

Pilihlah Motif yang Tepat

Memilih motif baju saat Imlek memang sangat penting. Motif bunga peony memiliki makna kesejahteraan dan kemakmuran. Motif bunga memiliki makna kecantikan. Sedangkan, motif naga memiliki makna kekuatan. Adapun ikan memiliki makna keberuntungan. Jika Anda memiliki tubuh yang cenderung berisi, maka pilih motif yang kecil. Jika Anda tidak suka motif yang terlalu ramai, maka Anda bisa memilih baju cheongsam polos dengan garis di bagian pinggir berwarna.

Beberapa orang ada yang tak terlalu ambil pusing dengan pakaian yang dikenakan saat Imlek. Akan tetapi, jangan sampai Anda salah kostum saat datang ke perayaan Imlek karena bagi sebagian orang hal ini sangatlah penting. Jika Anda tidak ingin mengenakan baju cheongsam, Anda bisa menyimak beberapa tips berikut:

Hindari Warna Gelap atau Putih

Jika Anda tidak ingin mengenakan baju cheongsam berwarna merah. Anda bisa mengenakan warna lain, seperti warna pastel atau bright. Memakai warna gelap bisa membuat Anda terlihat kurang menarik, jadi hindari warna tersebut. Kecuali bagi Anda yang memiliki tubuh berisi.

Cheongsam Modern

Jika Anda berpikir cheongsam kurang modern atau kuno, maka Anda bisa mencari model cheongsam yang lebih modern. Karena sekarang banyak toko online, seperti Bukalapak yang menjual baju Imlek anak hingga dewasa dengan sentuhan modern

Red is A Must

Jika Anda tidak cocok mengenakan kerah model cheongsam, maka Anda bisa mengakalinya dengan memilih model pakaian sesuai postur Anda namun dengan warna merah agar tidak meninggalkan ciri khas baju Imlek.

Bagaimana, rasanya Anda sudah sangat siap untuk menyambut Imlek bukan? Jika Anda malas keluar rumah, cobalah aplikasi Bukalapak yang akan siap menyediakan berbagai kebutuhan Imlek Anda. Selamat Hari Raya Imlek. (Advertorial/R2/HR-Online)

KOMENTAR ANDA