Bisa Lebih Awal Lakukan Panen Raya, Poktan Karya Bakti Ciamis Sumringah

Bisa Lebih Awal Lakukan Panen Raya, Poktan Karya Bakti Ciamis Sumringah. Photo: Suherman/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Kelompok Tani (Koptan) Karya Bakti, melakukan panen raya dalam acara Dem Area Budidaya Tanaman Sehat di Dusun Bangunjaya, Desa Sukajadi, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (02/01/2018).

Kegiatan paren raya ini dihadiri Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Ciamis, Kustini, unsur Muspika Kecamatan Pamarican, puluhan ketua poktan se-Kecamatan Pamarican, Satpol PP, serta BPPTH wilayah Tasikmaya.

Dalam kegiatan tersebut, Poktan Karya Bakti patut bergembira, karena sawah mereka saat ini tengah memasuki musim panen, yang mana wilayah pesawahan milik poktan tersebut bisa lebih awal melaksanakan panen, berbeda dengan wilayah pesawahan lainnya.

Kepala Koordinator BPP Kecamatan Pamarican, Ani Alviah, mengatakan, untuk wilayah Kecamatan Pamarican, hanya area pesawahan milik Poktan Karya Bakti yang sudah melaksanakan panen padi. Sedangkan, wilayah-wilayah lainnya tengah mengalami kendala kekeringan saat memasuki persiapan penanaman awal.

“Dari seluruh area peswahan di Kecamatan Pamarican yang mempunyai luas lahan 2.916 hektar, saat ini baru di Poktan Karya Bakti yang tengah melaksanakan panen. Luas areanya mencapai 50 hektar, dimana area ini tersaluri oleh saluran irigasi Gunung Putri. Jadi, walaupun kemarau panjang, area sawah di sini masih bisa terairi,” terangnya.

Meski panen saat ini hasilnya kurang maksimal, lanjut Ani, namun setidaknya petani di di wilayah tersebut bisa mengenyam hasil yang cukup menggembirakan. Kurang maksimalnya hasil panen dikarenakan ada beberapa faktor penyebab, diantaranya serangan hama burung dan faktor cuaca.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Ciamis, Kustini, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Dem Area sama halnya seperti program demplot. Hanya saja Dem Area mempunyai luas area yang lebih luas, yaitu minimal 50 hektar.

“Harapan kami tentunya kegiatan Dem Area ini bisa terus berkembang ke wilayah lainnya, di mana Dem Area adalah salah satu program tanam yang menghasilkan produk padi yang sehat, dengan minim bahan kimia,” katanya.

Kustini juga menjelaskan, bahwa kegiatan program Dem Area adalah salah satu program bantuan yang difasilitasi oleh pemerintah. Tujuannya untuk meningkatkan hasil panen demi terwujudnya kestabilan ketahanan pangan Kabupaten Ciamis.

“Semoga ke depannya petani akan lebih giat lagi dalam upaya pengelolaan lahan pertanian dengan maksimal,” harap Kustini. (Suherman/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA