Selasa, Mei 17, 2022
BerandaBerita PangandaranBMKG Sebut Terjadi Gempa 5 SR di Pangandaran, Pusdalops: Getarannya Tidak Terasa

BMKG Sebut Terjadi Gempa 5 SR di Pangandaran, Pusdalops: Getarannya Tidak Terasa

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan bahwa telah terjadi gempa bumi berkekuatan 5,0 skala richter (SR) pada Selasa (01/01/2019) pukul 19.25 WIB dengan episentrum terletak di koordinat 10,62 LS 108.46 BT, tepatnya di 327 km Barat Daya Kabupaten Pangandaran Jabar dengan kedalaman 10 Km dan tidak berpotensi tsunami.

Namun begitu, gempa di Pangandaran tersebut tidak dirasakan oleh warga di kawasan pesisir. Petugas Pusdalops Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Daerah (DPKPBD) Kabupaten Pangandaran pun kaget ketika mendapat laporan dari BMKG.

“Kami sudah mengecek ke beberapa warga di pesisir pantai mulai dari pantai Pangandaran sampai ke Cimerak. Semuanya mengaku tidak merasakan adanya getaran gempa bumi,” kata Operator Pusdalops, Muhammad Fadilah, kepada HR Online, Selasa (01/01/2018) malam.

Fadilah menambahkan, tidak terasanya getaran gempa ke daratan Pangandaran lantaran lokasi titik gempanya sangat jauh atau berada sekitar 327 km dari daratan. “Kalau kedalaman gempanya memang sangat dangkal atau pada kedalaman 10 km. Tapi lokasi titik gempanya berada di laut lepas atau jauh ke daratan,” ujarnya.

Fadilah menghimbau warga Pangandaran agar tidak panik dengan adanya laporan gempa tersebut. Namun, warga diminta waspada untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi. “Kami harapkan warga tetap tenang. Dan hanya percaya kepada informasi yang dikeluarkan BMKG. Jangan percaya dengan informasi yang sumbernya tidak bisa dipertanggungjawabkan,” pungkasnya. (R2/HR-Online)

- Advertisment -