Bukan Pakai Cotton Bud, Begini Cara Benar Membersihkan Telinga

Ulustrasi. Foto: Net/Ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Telinga merupakan salah satu dari bagian tubuh yang sangat penting sekali peranannya, yakni sebagai indera pendengar. Agar telinga kita tetap terjaga kesehatan dan kebersihannya, ada beberapa langkah atau cara benar membersihkan telinga yang aman dan tepat.

Lumrahnya, membersihkan telinga bagi sebagian orang masih menggunakan cotton bud. Padahal, salah satu fungsi cotton bud itu untuk membersihkan daun telinga, bukan telinga bagian dalam. Sebab, jika hal itu sering dilakukan berpotensi merusak gendang telinga.

Adapun cara benar membersihkan telinga dengan benar, Anda bisa menggunakan obat tetes telinga. Selain itu, tetesan minyak zaitun juga lebih aman digunakan untuk membersihkan telinga, termasuk menggunakan tetes peroksida hidrogenhingga baby oil.

Fungsi-fungsi dari bahan-bahan di atas lebih tepat untuk membuat kotoran di dalam telinga menjadi lebih lunak, meskipun telinga sendiri memiliki kemampuan untuk membersihkan sendiri. Meski begitu, terkadang tumpukan kotoran yang berupa lilin membuat tidak nyaman.

Untuk mengaplikasikan obat tetes di atas, Anda bisa mengikuti petunjuk yang tertera pada kemasan maupun mengikuti petunjuk dari dokter. Pada umumnya, saat membersihkan telinga dengan cara memiringkan kepala agar obat tetes lebih mudah masuk ke dalam telinga. Ketika kotoran di dalam lunak, maka telinga akan dengan mudah membersihkan bagian-bagian yang kotor di dalam.

Sebagai catatan, saat meneteskan obat ke dalam telinga harus dipastikan telinga Anda tidak dalam keadaan sakita atau sedang luka. Nah untuk diketahui proses telinga membersihkan dirinya sendiri, adalah ketika kita sedang melakukan gerakan mengunyak atau sedang berbicara yang membuat rahang bergerak. Saat itu, kotoran di dalam telinga terdorong ke luar, bahkan bisa mengering dan jatuh sendiri ke luar.

Jika kotoran di dalam telinga sudah sangat parah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat tanpa merusak bagian-bagian dalam telinga. (Muhafid/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA