Bumdes Cibadak Ciamis Kembangkan Wisata Agro

Peresmian "hotel" domba yang digagas Bumdes Cibadak. Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Cibadak, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis meresmikan wisata ternak Panggonan Farm, Kamis (10/01/2019). Acara Bumdes Cibadak tersebut dihadiri langsung Muspika Kecamatan Banjarsari, Pengurus Bumdes se-Banjarsari dan ratusan warga Cibadak.

Ketua Bumdes Cibadak, Osep Panji, mengatakan, peresmian tersebut merupakan bagian dari pengenalan kepada public, bahwa di lokasi tersebut tengah digarap program usaha dengan konsep wisata peternakan guna meningkatkan SDM masyarakat.

“Dalam progran ini, Bumdes melaksanakan program pemberdayaan masyarakat melalui usaha agro. Perlu kita ketahui, wisata peternakan di sini adalah adanya suguhan peternakan kambing yang mana kambing di sini adalah salah satu usaha bumdes yang melibatkan langsung peran serta masyarakat sebagai pengelola,” terangnya.

Osep menambahkan, masyarakat sebagai pengelola ke depannya bukan hanya yang memiliki lahan saja, akan tetapi yang tidak memiliki lahan juga bisa mengembangkan ternak tersebut, yaki dengan disiapkannya “hotel” domba. Melalui ini, persoalan kandang ataupun lahan tidak menjadi persoalan lagi untuk pengembangan kambing.

“Selain peternakan, Bumdes juga ke depannya akan mengelola wisata agro pada lahan seluas 21 hektar yang mana bakal ditanami berbagai tumbuhan, seperti jagung, singkong serta lainnya dengan harapan menjadi ikon produk UMKM di desa kami,” jelasnya lagi.

Olis Nurholis, Kades Cibadak, mengatakan, program yang digagas Bumdes Cibadak tersebut sangat kreatif. Biasanya, Bumdes mengelola simpan pinjam, namun yang ini justru melibatkan masyarakat.

“Program yang ditawarkan Bumdes ini sangat bagus, apalagi mampu menyerap tenaga dari masyarakat Cibadak itu sendiri melalui pemberdayaa. Jadi sangat bagus sekali,” singkatnya. (Suherman/R6/HR-Online)