Cara Cepat dan Alami Mengecilkan Perut Buncit bagi Wanita

Cara Cepat dan Alami Mengecilkan Perut Buncit bagi Wanita. Photo: Net/Ist.

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Saat ini, cara mengecilkan perut buncit pada wanita menjadi salah satu topik yang sangat dicari kaum hawa. Tak cuma pemilik tubuh gemuk, perut yang buncit juga dapat dialami oleh mereka bertubuh kurus.

Dalam dunia kedokteran, perut yang membuncit disebut pula obesitas sentral akibat penumpukan lemak pada bagian perut. Agar tidak mengganggu penampilan, sebetulnya ada beberapa cara mengecilkan perut buncit pada wanita secara alami dan cepat.

Dirangkum HR Online dari berbagai sumber, Sabtu (19/01/2019), ada dua macam lemak yang ada di bagian perut. Pertama, lemak subkutan yang berada di bawah perut, dan kedua adalah lemak visceral yang ada di sekitar organ dalam tubuh, sehingga tidak dapat terlihat.

Jika ingin mengetahui berapa banyak lemak subkutan yang ada di dalam tubuh Anda, cobalah Anda cubit area perut, atau bagian kulit yang bisa dicubit, itulah lemak subkutan yang Anda punya.

Lemak ini memang tidak terlalu berbahaya dibandingkan dengan lemak visceral. Meski begitu, lemak visceral sangat sulit untuk dihilangkan, sebab letaknya berada di dalam organ tubuh.

Kumpulan lemak tersebut dapat mengeluarkan senyawa peradangan atau sitokin yang bisa menyebabkan peradangan ringan, serta meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke dan juga tekanan darah tinggi.

Jadi, selain mengganggu penampilan, wanita yang memiliki perut buncit juga bisa memicu berbagai penyakit. Untuk mengatasi masalah tersebut, sebaiknya Anda mencoba beberapa cara untuk mengecilkan perut. Lakukan cara ini secara disiplin supaya hasilnya maksimal. Berikut ini adalah ulasannya;

Rutin Olahraga

Rutin melakukan olahraga minimal 30 menit setiap hari terbukti mampu menjaga kesehatan jiwa dan raga. Namun sayangnya, beberapa wanita selalu punya banyak alasan untuk tidak memulai olahraga, tetapi mereka punya mimpi tinggi untuk memiliki perut rata.

Rutin berolahraga merupakan salah satu cara melatih ketahanan dan keseimbangan, seperti pilates, yoga serta latihan kardio dapat menjadi cara bagi wanita untuk meratakan perut.

Perbanyak Konsumsi Makanan Berserat

Mengonsumsi makanan berserat jadi salah satu cara untuk menghilangkan lemak visceral, mengasup dan mengurangi konsumsi lemak, serta menambah asupan makanan mengandung serat. Wanita dewasa umumnya butuh asupan 500-1.000 kalori setiap harinya.

Kurangi Karbohidrat

Karbohidrat, terutama nasi, mengandung kadar gula cukup tinggi. Untuk menguranginya, ganti asupan karbohidrat dengan ubi, kentang atau singkong yang diolah dengan cara direbus.

Kemudian, malam harinya ganti asupan karbohidrat dengan buah, sayur, dan kacang-kacangan. Dalam jangka waktu seminggu biasanya Anda akan merasa sedikit pusing. Hal ini akibat tubuh sedang beradaptasi dengan pola makan sehat yang sedang Anda jalani.

Tidur yang cukup

Ternyata waktu tidur yang cukup juga bisa membantu mengecilkan lemak pada perut. Terlebih jika pada siang harinya di forsir berolahraga, sehingga otot tubuh butuh istirahat setidaknya 6 sampai 7 jam.

Jauh dari Stres

Meskipun sulit dihindari, tapi secara tidak langsung stress dapat memicu perut buncit. Sejumlah wanita sering melepas rasa stress dengan makan camilan atau cokelat. Bahkan, tak jarang wanita suka mengonsumsi alkohol ketika stres.

Namun, kebiasaan buruk tersebut dapat dihindari dengan cara melakukan relaksasi, meditasi, atau hanya sekedar berbincang dengan orang terdekat. Jadi, Anda tak perlu melakukan diet maksimal, karena cara-cara tersebut di bisa efektif bila dilakukan secara bersamaan.

Perlu diingat pula, meskipun Anda wanita sudah punya anak, bukan berarti memiliki perut yang tidak rata itu sah-sah saja. Demi kesehatan, sebaiknya mulai lakukan cara-cara tersebut supaya perut Anda tak lagi buncit. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...