Cara Cepat dan Mudah Menghilangkan Bau Kaki yang Menyengat

Ilustrasi bau kaki. Foto : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Bukan hanya bau badan, bau kaki juga sangat mengganggu baik itu diri sendiri atau orang lain. Dan, jika tidak segera menghilangkan bau kaki tersebut, orang-orang di sekitar akan menuduh bahwa Anda jorok.

Sebenarnya apa sih yang menyebabkan timbulnya bau pada kaki? Mengutip dari merdeka.com, sebab kaki menjadi bau dikarena setiap harinya mengenakan sepatu yang sama dan tidak pernah dijemur, serta kaki tersebut tidak dibersihkan baik itu sebelum atau memakainya.

Penyebab lainnya, tidak salah jika orang beranggapan jorok hal itu disebabkan tidak pernah menjaga kebersihan sepatu, kaos kaki, atau kaki itu sendiri. Atau disebabkan oleh bakteri yang menetap di kaki, terlebih di cuaca panas bakteri akan betah.

Untuk menghilangkan bau kaki sehingga rasa percaya diri Anda tidak turun, diperlukan penanganan khusus. Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini cara mudah dan cepat, agar kaki Anda tidak lagi mengeluarkan bau yang menyengat.

# Obat kumur

Obat kumur yang biasa dipakai untuk membersihkan atau menghilangkan bakteri pada mulut, ternyata juga ampuh untuk mengusir bakteri di kaki. Seperti diulas di atas, bahwa penyebab bau tersebut bisa dipicu bakteri.

Cara menggunakannya tidak lah sulit, campurkan obat kumur berukuran 250 mililiter ke dalam baskom berisi air 2/3 nya. Setelah itu, rendamlah kaki yang bau dengan durasi 15 menitan.

# Sabun anti-bakteri

Seperti obat kumur, sabun anti-bakteri juga berkhasiat untuk menghilangkan bau kaki. Setiap mandi atau 2 kali dalam satu hari, sabun tersebut dipakai ke kaki yang bau. Supaya bakteri hilang, bersihkan semua bagian kaki sampai sela-sela jari.  

# Baking soda

Cara lainnya dengan menggunakan baking soda. Ya, soda kue ini diyakini sampuh mengusir bakteri pada kaki.

Cara menggunakannya, siapkan baskom yang berisi air, kemudian tambahkan baking soda dan aduk sampai rata. Jika soda kue itu sudah larut, maka kaki yang bau direndam ke dalam baskom tersebut.

# Sabun mint

Dengan rutin membersihkan kaki menggunakan sabun mint, maka diyakini bau kaki menjadi hilang.

Seperti halnya sebaga penyegar mulut, sabun dengan bahan mint juga dipercaya bisa menyegarkan kaki. Sehingga, kaki tidak mudah berkeringat yang bisa memicu timbulnya bakteri penyebab bau pada kaki.

# Garam

Menggunakan garam untuk mengusir bau pada kaki sudah banyak dilakukan. Hal itu disebabkan karena garam memiliki fungsi sebagai ‘pendingin’ sehingga kaki tidak menjadi lembab, dan juga ampuh membunuh bakteri.

Sebelum kaki direndam, siapkan terlebih dulu garam secukupnya yang dimasukkan ke dalam baskom berisi air. Rendamlah kaki selama dua puluh menitan, dan terus lakukan setiap harinya sampai kaki tidak bau lagi.

# Lemon

Buah yang satu ini sudah tidak aneh jika sangat berguna untuk kesehatan tubuh dan juga merawat kecantikan. Untuk kesehatan pada kaki, Anda juga bisa memanfaatkan lemon, karena di dalamnya terkandung anti-bakterial yang bisa membunuh bakteri.

Kaki yang bau itu direndam ke dalam baskom berisi campuran air hangat dan buah lemin sebanyak enam yang sudah diperas. Supaya bakteri hilang, maka diamkan kaki Anda selama kurang lebih lima belas menit.

# Deodoran

Menggunakan deodoran yang biasa dipakai di ketiak untuk menghilangkan bau kaki memang terlihat aneh. Tapi, tidak berbeda jauh dengan ketiak, deodoran juga bisa mengusir bau pada kaki.

Namun Anda jangan menggunakan deodoran yang biasa dioleskan di ketiak, karena ada deodoran khusus kaki. Di internet banyak menjual deodoran khusus kaki, biasanya berbentuk spray dengan harga murah minimal Rp 15 ribuan.

Cara memakainya pun mudah, tinggal semprotkan deodoran tersebut ke kaki sebelum memakai sepatu.

# Cuka

Bau kaki yang disebabkan oleh kuman bisa diatasi dengan cuka, yang mengandung kadar asam tinggi. Campurkan cuka ke dalam baskom berisi air, kemudian kaki dimasukan ke dalam baskom tersebut dan biarkan kurang lebih 15 menit.  

# Antiperspirant

Sementara bau kaki yang disebabkan oleh keringat bisa diatasi dengan menggunakan antiperspirant. Berbeda dengan deodoran yang hanya mengatasi bau saja tapi tidak bisa mengurangi keringat berlebih. Sedangkan antiperspirant bisa mencegah keringat berlebih.

Sama seperti deodoran khusus kaki, antiperspirant juga Anda gunakan sebelum memakai sepatu.

# Teh

Cara lainnya untuk menghilangkan bau kaki yaitu dengan memanfaatkan teh. Di dalam teh terdapat kandungan zat anti-bakteri yang sangat efektif mengusir bau tersebut.

Cara mempraktekannya, campurkan teh dengan air hangat ke dalam baskom, kemudian basuh kaki sampai semua kena. Dan lakukanlah selama dua kali dalam satu hari.

# Kopi

Cara yang satu ini sudah tidak aneh, karena selain menghilangkan bau kaki, kopi juga ampuh menghilangkan bau di sepatu.

Jika untuk kaki, kopi dicampur dengan air secukupnya, dan aduk sampai membentuk pasta. Lalu dibalurkan ke kaki yang bau dan biarkan dalam waktu 15 menit, kemudian bilas menggunakan air bersih dan keringkan memakai handuk bersih.

# Jeruk nipis

Dengan tingginya kandungan vitamin C serta asam yang fungsinya sebagai antibakteri, tentu jeruk nipis bisa diandalkan untuk menghilangkan bau kaki yang sangat mengganggu.

Caranya tidak sulit, cukup oleskan jeruk yang sudah dibelah pada kaki sampai rata. Biarkan selang beberapa menitan, kemudian bilas dan keringkan menggunakan handuk bersih.

# Tepung maizena

Jangan salah sangka jika tepung maizena atau tepung jagung hanya bisa dimanfaatkan untuk membuat kue saja. Ternyata menurut penelitian dan studi, tepung meizena mujarab mengatasi bau menyengat pada kaki.

Lantas bagaimana cara menggunakannya? Seperti halnya bedak, tepung jagung ini juga ditaburkan ke kaki semua sampai sela-sela jarinya. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA