Cara Mudah dan Sederhana Meredakan Sakit Kepala yang Mengganggu

Ilustrasi sakit kepala. Foto : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Siapa sih yang tidak jengkel ketika sakit kepala datang. Sehingga diperlukan penanganan yang cepat, karena jika lambat meredakan sakit kepala, maka bakalan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Cara meredakan sakit kepala yang umum orang lakukan adalah dengan meminum obat kimia. Tapi, tidak baik juga untuk kesehatan organ tubuh apabila sering mengonsumsi obat tersebut.

Lantas apakah ada cara lain untuk meredakan sakit kepala selain dengan menggunakan obat kimia?

Jangan khawatir, ada cara sedehana dan tanpa efek samping untuk meredakannya. Nah berikut ini caranya, yang HR Online rangkum dari berbagai sumber.

# Minum air putih

Langkah yang pertama bisa dengan banyak minum air putih. Menurut saran dari para ahli kesehatan, jumlah mengonsumsi air putih yang baik adalah paling sedikit 1,5 liter setiap harinya.

Sementara menurut ilmuwan dari University of Maastricht Belanda yang melakukan penelitian, ternyata rutin dan banyak meminum ait putih bisa meredakan sakit kepala dengan perlahan-lahan.

Jadi dengan meminum air putih sebanyak 7 gelas dalam satu hari itu, bukan hanya bisa meringankan rasa sakit pada kepala, namun juga bisa meningkatkan kualitas hidup seseorang.

# Semangka

Makan buah semangka juga bisa mengusir rasa sakit kepala yang menyakitkan dan mengganggu.

Menurut penelitian, 9 dari 10 orang dewasa pernah mengalami sakit kepala, bahkan ada yang sering kambuh. Penyebab umum biasanya karena dehidrasi atau kurangnya cairan di dalam tubuh.

Padahal, tubuh kita sangat membutuhkan cairan tersebut supaya fungsi organ berjalan dengan baik. Ketika terjadi dehidrasi, maka maka terjadi penurunan aliran darah. Efeknya, aliran darah melalui pembuluh darah ke kepala atau otak menjadi terhabat, sehingga itulah yang menimbulkan sakit kepala.

Selain dengan minum air yang banyak, untuk menghindari dehidrasi Anda juga bisa memakan buah semangka.

Buah yang terkenal enak ini mempunyai kadar air banyak, yang bisa menambah atau ganti cairan di dalam tubuh dengan cepat. Bukan hanya itu, kandungan mineral penting yang ada di dalam buah semangka, juga bisa meredakan sakit kepala.

# Es batu

Cara sederhana lainnya yaitu dengan es batu. Letakkan es batu di bagian tubuh seperti leher belakang bawah kepala. Menurut pengobatan ala Tiongkok, titik leher belakang bawah kepala dinamakan Feng Fu.

Sebelumnya siapkan terlebih dulu es batu dan handuk kecil atau sejenisnya. Taruh es batu itu ke handuk kecil seperti kompres, lalu letakkan ke bagian leher tersebut dan tahan 10 sampai 20 menitan.

Cara sederhana dan mudah ini bisa meredakan sakit kepala dan menyeimbangkan kembali tubuh.

# Kopi

Banyak yang beranggapan kalau kopi yang mengandung kafein bisa menyebabkan sakit kepala. Tapi, menurut beberapa ahli berpendapat berlainan. Kafein yang ada di dalam kopi malahan bisa meredakan sakit kepala.

Sakit kepala bisa disebabkan karena membesarnya pembuluh darah. Nah kafein bisa menyempitkan kembali pembuluh darah itu, sehingga aliran darah ke kepala atau otak menjadi sangat cepat.

Selain itu, kafein juga bisa dijadikan obat anti-nyeri. Namun dengan catatan jangan sampai meminum kopi dengan jumlah yang banyak setiap harinya. Cukup satu cangkir saja dalam satu hari.

# Makanan pedas

Cabai merupakan sumber dari rasa pedas yang ada di dalam makanan. Meski pedas, cabai ternyata berkhasiat bisa meredakan sakit kepala. Itu disebabkan karena senyawa capsaicin yang ada di cabai bisa menekan rasa sakit.

Sakit kepala yang disebabkan karena sinusitis atau migran bisa diobati dengan memakan makanan pedas. Dengan rasa pedas dari makanan itu, maka tubuh dengan mudahnya memproduksi lendir yang bisa meminimalisir penyumbatan di saluran pernapasan.    

Tapi, bukan berarti saat sakit kepala melanda Anda memakan makanan pedas. Namun dilihat dulu apakah Anda mempunyai riwayat sakit lambung atau maag. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA