Destinasi “Warung Wisata” di Sungai Cireong Ciamis

Pengelola destinasi wisata Sungai Cireong bersama Karang Taruna dan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Desa Sukaresik, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, saat meresmikan “warung wisata”. Foto: Fahmi/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-Pengelola destinasi wisata Sungai Cireong bersama Karang Taruna dan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Desa Sukaresik, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, meresmikan “warung wisata”.

“Warung wisata” merupakan inovasi baru yang digagas pihak pengelola bersama Karang Taruna dan BUMDes Desa Sukaresik. Pengembangan destinasi wisata Sungai Cireong ini sedari awal ditujukan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

Ketua Karang Taruna Desa Sukaresik, Asep Dadang, ketika ditemui Koran HR, pekan lalu, menuturkan, “warung wisata” didirikan menggunakan dana sumbangan dari pengunjung. Inisiatif pendirian “warung wisata” ini untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Desa Sukaresik.

“Warung wisata ini kedepannya akan menampung kreativitas warga setempat ataupun oleh-oleh khas warga untuk dijual kepada para pengunjung wahana, dengan cara menitipkan barang dagangannya,” katanya.

Menurut Asep, banyak produk kreasi khas warga Desa Sukaresik yang diciptakan, diantaranya seperti produk kerupuk, makanan olahan singkong, jagung dan gula merah. Semua produk tersebut akan ditampung di “warung wisata”.

Di tempat terpisah, Kabid Destinasi Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis, Budi Kurnia, ketika ditemui Koran HR, Senin (14/01/2019), konte pariwisata di Desa Sukaresik sudah ada berupa Sungai Cireong.

“Tugas pemerintah untuk membangun infrastruktur, akomodasi dan lain-lain yang menunjang pariwisata di Cireong. Kawasan Cireong ini adalah kawasan yang strategis, berada di perbatasan Tasikmalaya. Sementara di Tasik, ada wisata nge-mall atau wisata belanja, maka di saat ada wisata alam terbuka, maka pilihannya Insyaallah pasti ke Ciamis,” kata Budi. (Fahmi/Koran-HR)