Di Banjar, Dandim Ciamis Ingatkan Anggota TNI Jaga Netralitas di Tahun 2019

Dandim 0613 Ciamis, Letkol Arm. Tri Arto Subagyo, M.Int.Rel, saat menyambangi menghadiri syukuran atas selesainya pembangunan pintu gerbang dan pagar kawasan kantor Koramil 1325 Langensari, Kota Banjar, Kamis (03/01/2019). Foto : Nanang Supendi/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Komandan Kodim (Dandim) 0613 Ciamis, Letkol Arm. Tri Arto Subagyo, M.Int.Rel, mengingatkan para anggota TNI untuk menjaga netralitas di Pemilu 2019 nanti.

Hal itu di tegaskannya saat menyambangi menghadiri syukuran atas selesainya pembangunan pintu gerbang dan pagar kawasan kantor Koramil 1325 Langensari, Kota Banjar, Kamis (03/01/2019).

“Tahun 2019 merupakan tahun politik, maka saya tegaskan TNI harus netral. Terlebih anggota TNI ini tak punya hak pilih,” ucapnya, saat memberikan arahannya.

Menurutnya, TNI tidak berpihak terhadap salah satu pihak, tetapi harus lebih mengedepankan pengamanan penyelenggaraan Pemilu 2019 dengan baik.

“Ingat ini tahun politik, yang perlu pengamanan yang baik. Jadi prajurit itu jangan ikut-ikutan hal yang tak benar, juga mesti bisa menangkal hoax,” tegasnya.

Anggota TNI pun, imbuh dia, harus bisa menghindari berfoto-foto yang sekiranya mengangkat tangan atau jari tangan. “Nanti itu bisa-bisa ada pihak yang menggoreng keberadaan TNI, akibat ulah yang kadang tak disengaja itu,” ucapnya.

Tuntutan kenetralan TNI dalam Pemilu, jelasnya, sudah ditegaskan dalam ketentuan peraturan yang berlaku. Berbeda dengan istri TNI, pihaknya justru mendorong agar menyalurkan hak politiknya dengan bijak.

“Untuk istri anggota karena punya hak pilih, justru saya dorong jangan golput. Bahkan, silahkan bisa dipilih untuk mencalonkan diri dalam hajat Pemilu, dalam hal ini misal Pileg atau Pilkades,” tegasnya.

Sementara, Plh. Wadanramil 1325 Langensari, Lettu Inf Wawan Rahmat.S, mengucapkan terima kasih atas dukungan segenap elemen masyarakat, atas terselesaikannya pembangunan pintu gerbang dan pagar di area kantor Koramil Langensari.

“Terima kasih atas segala bantuan dan sinergitasnya pada semua pihak atas selesainya bangunan gerbang dan pagar di area kantor Koramil Langensari ini. Tak terhingga juga ucapan terima kasih ditujukan pada Pemkot Banjar,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Banjar, Nana Suryana, menyukuri atas nikmat yang diberikan Allah SWT atas kemajuan Kota Banjar ini. Yang tiada lain atas suport dan sinergitas pihak keamanan yakni TNI dan Polri.

“Bagaimanapun sebuah daerah tak akan maju jika tak kondusif. Maka situasi Banjar ini yang terjaga baik, berkat elemen keamanan tadi juga kaum ulama serta pihak-pihak atau komponen masyarakat lainnya,”

Pada kesempatan syukuran itu, hadir pula perwakilan Polsek Langensari, Camat Langensari dan Camat Pataruman beserta Kades dan Lurahnya. (Nanks/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA