Direncanakan Akan Dibangun di 5 Titik, Pemkab Ciamis dan BJB Bangun JPO

Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) sedang dibangun di depan Kantor Kelurahan Sindangrasa, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis. Foto: Fahmi/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) sedang dibangun di depan Kantor Kelurahan Sindangrasa, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis. Jembatan penyeberangan tersebut merupakan yang pertama dibangun di Kabupaten Ciamis. Rencananya, jembatan penyebrangan itu akan dibangun di empat titik lainnya secara bertahap.

Pembangunan jembatan itu bertujuan untuk membantu para siswa menyeberang menuju sekolah yang terletak di jalur jalan raya nasional dengan intensitas kendaraan yang tinggi.

Yoyo Waryo salah satu guru SDN 1 Sindangrasa, ketika ditemui Koran HR, Selasa (22/01/2019), merasa sangat senang dengan adanya jembatan penyebrangan tersebut.

Yoyo menerangkan, hampir 50 persen siswa SDN 1 Sidangrasa menyeberang jalan raya saat akan ke sekolah. Dengan adanya jembatan penyeberangan ini, sangat membantu pihak sekolah.

“Kami juga berharap di jembatan penyeberangan ini nanti disediakan penghalang, agar siswa yang menyebrang tidak membuang sampah ke bawah,” katanya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ciamis, Ir. Nana Supriatna, ketika ditemui Koran HR, Selasa (22/01/2019), menuturkan, jembatan penyeberangan tersebut dibangun oleh pihak ketiga yaitu Bank bjb.

“Bank bjb sudah bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Ciamis. MoU-nya sudah ditandatangani Bupati Ciamis, Iing Syam Arifin,” katanya.

Nana menjelaskan, awalnya Bank bjb akan membangun reklame untuk papan iklan. Namun dari Pemerintah Kabupaten Ciamis meminta pihak bank BJB untuk membuat sesuatu yang bermanfaat untuk masyarakat.

“Keluar ide jembatan penyeberangan, sekaligus ada papan iklan reklame bank bjb,” katanya.

Kepada Koran HR, Nana menyebutkan, selain di depan Kantor Kelurahan Sindangrasa, pembangunan jembatan juga dilakukan di empat titik lainnya, seperti Depan Pasar Imbanagara, Jalan Jendral Sudirman atau SMPN 5 Ciamis, Jalan Cijantung dan di depan Kampus Universitas Galuh (Unigal).

“Pembangunan jembatan penyeberangan dilakukan bertahap, karena biaya pembangunannya sangat mahal,” pungkasnya. (Fahmi/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA