Disdik Banjar Ajak Generasi Milenial Mencintai Wayang Golek

Pagelaran wayang golek yang digelar Disdik Kota Banjar di Gedung Kesenian Graha Banjar Idaman, Kota Banjar, Jawa Barat, Rabu (30/1/2019). Foto : Hermanto/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- 1500 pelajar SD dan SMP se Kota Banjar, memadati Gedung Kesenian Graha Banjar Idaman, Kota Banjar, Jawa Barat, Rabu (30/1/2019). Kedatangan siswa-siswi ini tidak lain untuk menyaksikan pagelaran wayang golek.

Pagelaran wayang golek diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kota Banjar melalui Bidang Kebudayaan tersebut dari rombongan Galih Pakuan asal Lingkungan Banjar Kolot, Kelurahan Banjar, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, dengan dalang Abah Asep Safa’at.

Pagelaran wayang golek tersebut dari rombongan Galih Pakuan asal Lingkungan Banjar Kolot, Kelurahan Banjar, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, dengan dalang Abah Asep Safa’at.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjar, Dahlan melalui Kepala Bidang Kebudayaan, Oom Supriatna mengatakan, bahwa kegiatan ini dalam rangka apresiasi seni untuk para generasi muda, mengenal seni budaya tradisional asli Jawa Barat.

“Ini adalah kegiatan dalam rangka apresiasi seni bagi kaum muda khususnya pelajar di Kota Banjar, dengan tujuan supaya generasi muda mencintai seni budaya sunda, salah satunya yakni menggelar pagelaran wayang golek,” ujarnya.

Oom menambahkan, bahwa seni wayang golek bukan hanya sekedar untuk hiburan saja, melainkan sebagai aset budaya yang harus terus dilestarikan.

Menurutnya, zaman sekarang ini kaum milenial mulai banyak menggandrungi budaya luar, sehingga mereka lupa akan budayanya sendiri.

“Untuk itu, melalui kegiatan ini saya berharap para generasi milenial dapat mencintai seni budaya sendiri, salah satunya dengan menampilkan kesenian wayang golek yang merupakan salah satu kesenian khas daerah Jawa Barat,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Harian Dewan Kebudayaan Kota Banjar, Syarif Hidayat mengatakan, selain menyuguhkan hiburan, kesenian wayang golek juga sebagai tuntunan tentang nilai-nilai kebajikan yang perlu diamalkan.

“Untuk tetap lestari, saya setuju pagelaran seperti ini terus dilakukan. Hal ini supaya para generasi muda dapat mengenal lebih dekat dan mencintai seni budaya sendiri, salah satunya yakni wayang golek,” katanya.

Kegiatan seni budaya atau apresiasi seni ini akan terus dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banjar setiap bulan sepanjang tahun 2019.

Kegiatan ini pun akan terus digelar di Gedung Kesenian Graha Banjar Idaman, Kota Banjar, Jawa Barat, yang tentunya dengan menampilkan berbagai kesenian yang berbeda di setiap bulannya. (Hermanto/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA