Gali Potensi Siswa, Kemenag Gelar Aksioma di MAN 4 Ciamis

Salah satu perlombaan dalam Aksioman di MAN 4 Ciamis. Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Kelompok Kerja Madrasah (KKM) Madrasah Aliyah (MAN) 4 Ciamis menggelar Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga (Aksioma) yang di laksanakan di kampus MAN 4 Ciamis, Desa Sukajadi, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (19/01/2019).

Kepala MAN 4 Ciamis, Aris Muji Raharjo, mengatakan, Aksioma merupakan sebuah ajang kompetisi tingkat madrasah yang mana pesertanya berasal dari wilayah Pamarican, Banjarsari, Banjaranyar, Purwadadi dan Lakbok.

“Di sini kita mengadakan lomba berbagai bidang olahraga dan seni. Adapun kegiatannya ada di beberapa tempat, seperti bola voli dan lomba-lomba lain seperti pidato dan kesenian itu di kampus MAN 4 Ciamis. Sedangkan badminton di Gor Pasiripis, dan Futsal di Gor Banjarsari. Alhamdulillah acaranya luar biasa mendapatkan antusias dari para peserta serta pendukungnya,” jelas Aris.

Sementara itu, Kepala Kemenag Ciamis, Agus Abdul Kholik, mengatakan, Aksioma merupakan kegiatan rutin dua tahunan yang mana penyelenggaranya langsung adalah Kemenag. Di Kabupaten Ciamis, jelas Abdul, terdapat 6 KKM yang terdiri dari 48 Madrasah Aliyah.

“Kita sekarang proses penjaringan tingkat KKM untuk melaju ke tingkat kabupaten yang rencananya akan digelar minggu depan. Jika nanti pada tingkat kabupaten berhasil, maka akan dilanjut ke tingkat provinsi,” terangnya.

Ia menambahkan, ajang ini harus dimanfaatkan oleh siswa untuk mengasah prestasi dan mengembangkan bakat yang dimiliki. Pasalnya, ia yakin tiap siswa dari berbagai sekolah memiliki kemampuan untuk menggali bidang olahraga maupun seni.

“Kita harapkan siswa dari madrasah bisa meraih prestasi dan menjadi kebanggan warga Ciamis,” pungkasnya. (Suherman/R6/HR-Online)