Gara-gara Mati Lampu, Rumah di Ciamis Ini Terbakar, 2 Penghuninya Alami Luka Bakar

Rumah sekaligus kios jual beli ikan milik Ade Suhandi (35), di Dusun Karangsari RT 02/RW 04 Desa Kujang, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, terbakar, Selasa (22/01/2019) malam atau sekitar pukul 22.00 WIB. Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Kebakaran di Ciamis kembali terjadi. Kali ini, rumah sekaligus kios jual beli ikan milik Ade Suhandi (35), di Dusun Karangsari RT 02/RW 04 Desa Kujang, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dilaporkan terbakar, Selasa (22/01/2019) malam atau sekitar pukul 22.00 WIB. Akibatnya, dua penghuni rumah mengalami luka bakar saat hendak menyelamatkan diri.

Informasi yang dihimpun dari BPBD Kabupaten Ciamis, kejadian kebakaran di Ciamis ini bermula ketika di wilayah Dusun Karangsari, Desa Kujang, Kecamatan Cikoneng, mengalami pemadaman aliran listrik dari PLN. Korban yang saat itu kecapean selepas seharian kerja, langsung tertidur pulas setelah menyalakan lilin untuk menerangi rumahnya yang listriknya padam.

Di saat tertidur itulah petaka datang. Tanpa diduga, lilin yang menyala terjatuh ke meja dan langsung membakar bahan-bahan yang terbuat dari kayu. Pemilik rumah yang tengah tertidur pulas, baru mengetahui terjadi kebakaran ketika kobaran api sudah melalap separuh bagian rumah.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Ciamis, Ani Supiani, mengatakan, korban lupa mematikan lilin saat hendak tidur lantaran kecapean selepas seharian bekerja. Meski mati lampu, lanjut dia, kalau seandainya memutuskan akan tidur, seharusnya lilin dimatikan terlebih dahulu. “Mungkin korban kecapean, sehingga lupa mematikan lilin yang menyala,” ujarnya, Rabu (23/01/2019).

Saat korban terbangun, lanjut Ani, api sudah berkobar membakar sebagian rumahnya. Korban pun bersama anggota keluarga lainnya langsung menyelamatkan diri ke luar rumah. “Saat menyelamatkan diri, korban bersama anaknya yang masih bayi atau berumur 3 bulan terkena percikan api hingga mengalami luka bakar,” katanya.

Menurut Ani, bayi mengalami luka bakar di bagian wajah dan sebagian badannya. Sementara korban Ade mengalami luka bakar di kedua kaki dan kedua lengannya. “Keduanya sudah dibawa ke RSUD Ciamis untuk dilakukan tindakan medis guna menyembuhkan luka bakarnya,” ujarnya.

Sementara kondisi rumah korban ludes terbakar. Sebagian besar harta bendanya pun turut terbakar. Petugas Damkar, Pusdalops BPBD dan warga sekitar, berhasil memadamkan api hingga tidak sampai menjalar ke rumah lainnya yang berdekatan. “Petugas kami pun membantu membersihkan puing-puing kebakaran bersama warga setempat,” pungkas Ani. (R2/HR-Online)

KOMENTAR ANDA