Gelar Hiburan Kuda Lumping, Ultah PDI-P di Pamarican Ciamis Berakhir Ricuh

Suasana pasca terjadinya kerusuhan di Pamarican yang digelar oleh PAC PDIP Pamarican. Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Acara hiburan rakyat yang diselenggarakan PAC PDIP Kecamatan Pamarican dalam acara kegiatan Ultah PDI-P yang ke-46 di halaman Pasar Pamarican berakhir ricuh. Diduga keributan tersebut akibat ulah oknum penonton yang tawuran di lokasi hiburan, Sabtu (19/01/2019) malam.

Pantauan HR Online di lapangan, pada acara Ultah PDI-P tersebut panitia mengadakan acara hiburan seni kuda lumping sebagai ajang hiburan terbuka untuk warga Pamarican. namun sayangnya, saat acara belum lama berlangsung, tiba tiba keributan terjadi dipinggir panggung arena. Sontak saja para penonton jadi berhamburan lantaran ketakutan, dan  acara pun langsung dibubarkan sekitar pukul 22.30 WIB.

Ketua Pelaksana kegiatan yang juga Ketua PAC PDIP Kecamatan Pamarican, Supeno, menyayangkan adanya kejadian tersebut. ia pun mengutuk keras oknum penonton yang melakukan keributan pada acara yang diadakan pihaknya itu.

“Jelas kami kecewa. Padahal, acara ini jelas-jelas sebuah acara hiburan untuk rakyat. Seharusnya mereka itu tidak melakukan hal seperti ini,” katanya.

Berdasarkan informasi di lapangan, acara tersebut diduga tidak menempuh perizinan ke aparat keamanan setempat. Sehingga, pada saat keributan, tak ada satupun petugas keamanan yang hadir untuk berjaga.

Hal itu pun langsung dibantah oleh salah satu anggota DPRD Kabupaten Ciamis Fraksi PDI-P, Sugiharto. Ia menegaskan bahwa semua perizinan telah ditempuh. Hanya saja, ia menduga dari awal sudah ada indikasi akan ada beberapa orang yang ingin menjegal acara tersebut.

“Kita sebenarnya sudah beruapaya dalam menempuh perizinan, baik dengan lingkungan maupun tokoh masyarakat setempat, hanya saja memang ada beberapa orang yang sempat memberikan argumen keras kepada kami. Namun hal itu sudah kita selesaikan sebelumnya,” katanya. (Suherman/R6/HR-Online)