Hati-hati! Konsumsi Minuman Berpemanis Bisa Ganggu Kesehatan Ginjal

Hati-hati! Konsumsi Minuman Berpemanis Bisa Ganggu Kesehatan Ginjal. Photo: Net/Ist.

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Hati-hati konsumsi minuman berpemanis, karena bisa menganggu kesehatan ginjal Anda. Minuman ini memang selalu disukai, apalagi kalau disajikan dingin.

Namun, konsumsi minuman berpemanis, baik sirup, sari buah, dan soda, dapat menambah risiko terhadap penyakit ginjal kronis. Dirangkum HR Online dari berbagai sumber, Kamis (03/01/2019), sebuah penelitian yang dilakukan di Mississippi, menunjukkan dampak negative dari konsumsi minuman manis bagi kesehatan ginjal. Hasil penelitian ini dipublikasikan di Clinical Journal of American Society of Nephrology (CJASN).

Sekolah Kesehatan Masyarakat, Johns Hopkins Bloomberg, mengadakan penelitian fungsi ginjal norman terhadap 3.003 orang Afrika-Amerika yang terdaftar dalam Jackson Heart Study. Para peneliti menilai, asupan minuman di tahun 2009, kemudian diulang dengan peserta yang sama pada tahun 2009.

Hasilnya, sebanyak 185 orang atau sekitar 6 persen mengalami penyakit ginjal kronis. Menurut peneliti, hal itu akibat kurangnya informasi mengenai dampak kesehatan dari minuman yang tersedia di pemasok makanan dan minuman.

Sementara itu, David Shoham dan Holly Kramer dari Loyola University Chicago, mencatat bahwa temuan tersebut mempunyai implikasi kesehatan masyarakat yang kuat. Sedangkan, beberapa kota terpilih di Amerika Serikat sudah berhasil mengurangi konsumsi minuman manis melalui perpajakan.

Salah seorang pasien penderita ginjal kronis, Duane Sunwold, mengaku kalau dirinya telah mengubah pola makan dan minumnya supaya penyakitnya sembuh. Duane yang berprofesi sebagai koki, merekomendasikan kepada sesama pasien ginjal untuk mengurangi konsumsi minuman yang mengandung pemanis buatan. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA