Hindari Main Smartphone Sambil Tiduran, Ini Dampak Buruknya

Ilustrasi main smartphone sambil tiduran. Foto : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Untuk yang sering main smartphone sambil tiduran, sebaiknya mulai dari sekarang dihindari. Pasalnya, kegiatan buruk itu bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda.

Bukan tanpa alasan, kebiasaan buruk main smartphone sambil tiduran seperti bermain gim atau membaca pesan, bisa mengakibatkan dari susah tidur sampai kebutaan.

Berikut ini bahaya lainnya yang HR Online rangkum dari berbagai sumber.

# Insomnia

Umumnya orang yang memainkan smartphone sembari tiduran dilakukan malam hari sebelum tidur. Dengan begitu, mata yang sudah mengantuk namun dipaksa ‘melotot’, sehingga mata menjadi lelah. Terlebih tanggung karena saat bermain gim yang sedang seru-serunya.

Mata yang dibuat paksa untuk kerja ekstra itulah, yang mengakibatkan Anda bakalan mengalami sudah tidur atau insomnia. Belum lagi karena terlalu sering begadang maka kualitas tidur pun akan buruk.  

# Kebutaan

Bukan hanya insomnia, melihat ponsel pintar sambil tiduran di malam hari juga tidak baik untuk kesehatan mata.

Dari riset yang pernah dipublikasikan England Journal of Medicine, orang akan terkena efek Transient Smartphone Blindness, karena terlalu sering melihat smartphone di tempat gelap dalam jangka waktu lama.

Transient Smartphone Blindness merupakan sindrom yang bisa membuat mata sementara tidak bisa melihat. Hal itu disebabkan karena mata menyesuaikan pencahayaan dari kiri ke mata yang kanan atau sebaliknya, sehingga berpontensi mengakibatkan mata menjadi minus sebelah.

Biasanya, orang yang main smartphone sambil tiduran di kamar menggunakan satu mata ditambah suasana yang gelap. Sedangkan mata yang satu lagi tertutup bantal. Sehingga satu mata yang dibuat ‘melek’ itu harus beradaptasi dengan suasana yang terang.

Saat berhenti memainkan smartphonenya, maka dalam beberapa waktu mata tidak bisa melihat. Hal itu disebabkan karena mata yang terus melihat layar smartphone harus adaptasi dulu di suasana yang gelap.

Jika rutinitas tersebut terus dilakukan setiap malam menjelang tidur dan tidak segera dihentikan, maka dampak buruknya adalah bakalan mengalami kebutaan.

Tapi masalah besar tersebut bisa dihindari, asalkan jangan terlalu lama melihat smartphone, dan usahakan selalu menatap layar ponsel dengan menggunakan kedua mata, serta lampu kamar jangan dimatikan.

# Tulang belakang bengkok

Beberapa waktu lalu sekitar bulan Juli 2018, ada seorang gadis dari Taiwan yang mengalami tulang belakangnya bengkok.

Mengutip dari World of Buzz, gadis berumur 16 tahun ini keseringan memainkan smartphone sambil tiduran dengan posisi menyamping. Setelah diperiksa dokter, ternyata tulang belakang yang bengkok itu sampai 50 derajat.

Menurut dokter yang merawatnya, tulang punggung serta otot si gadis itu tidak kuat lagi menahan berat tubuhnya. Sementara untuk memulihkan tulang belakang itu ke posisi semula, dibutuhkan waktu yang lama. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA