Hujan Disertai Angin Kencang, Belasan Rumah di Banjar Tertimpa Pohon

BPBD dan Kepolisian saat mendata korban angin kencang di Margasari. Foto: Muhafid/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Belasan rumah di wilayah Kelurahan Bojongkantong, Kecamatan Langensari, Kota Banjar tertimpa pohon setelah angin kencang menerjang sekitar pukul 15.30 WIB, Kamis (10/01/2019). Akibatnya, rumah yang tertimpa tersebut mengalami kerusakan yang cukup beragam.

Pantauan HR Online di lapangan, angin kencang yang menerjang wilayah Bojongkantong tersebut paling banyak kerusakan di Lingkungan Margasari, baik menerjang pepohonan, tanaman hingga atap rumah warga. Sementara itu, rumah korban yang tertimpa pepohonan langsung dilakukan evakuasi oleh masyarakat sekitar, sedangkan BPBD beserta petugas dari Kepolisian Polsek Langensari terus berkeliling untuk mendata korban.

Saat dikonfirmasi HR Online, Kepala BPBD Kota Banjar, Yayan Herdiaman, menyebutkan setidaknya terdapat 12 rumah di Lingkungan Margasari yang mengalami kerusakan, baik rusak ringan, sedang maupun rusak berat.

“Kita masih mendata jumlah rumah warga yang tertimpa pohon. Untuk sementara yang terdata oleh kami ada 12 rumah. Mudah-mudahan tidak ada lagi,” jelasnya kepada HR Online.

Meski tidak ada korban jiwa dari peristiwa ini, lanjut Yayan, namun ia mengimbau kepada masyarakat agar menebang pohon yang sekiranya rawan tumbang dan berada di dekat rumah, atau juga memangkas ranting pohon yang sudah lapuk. Hal itu agar bisa meminimalisir korban.

“Kami sudah sampaikan ke masyarakat melalui Surat Edaran Walikota ke semua desa dan kelurahan yang ada di Banjar sebagai langkah mitigasi bencana. Semoga saja ke depan tidak terjadi seperti ini lagi,” pungkasnya. (Muhafid/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA