Ingin Membobol Situs yang Diblokir dengan Mudah? Ini Caranya

Ilustrasi situs yang diblokir. Foto : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Sampai dengan Juli 2018, setidaknya ada 850 ribu konten negatif yang berhasil diblokir oleh pemerintah. Situs yang diblokir itu disebabkan karena masuk dalam radar database Trust+ Positif, atau melanggar UU ITE.  

Dari sekian banyak situs yang diblokir itu, mungkin ada konten favorit Anda yang kena blokir atau Internet Positif, seperti situs nonton film online atau lain sebagainya. Tentu itu sangat menyebalkan, terlebih yang suka nonton film via streaming atau download.

Jika Anda suka sekali browsing di internet tentu banyak cara tentang membuka situs yang diblokir. Namun untuk mengirit kuota data internet, HR Online merangkum caranya dari yang paling mudah dan sudah banyak dipraktekan.

# Via VPN

Cara pertama membuka situs yang diblokir oleh pemerintah yaitu dengan menggunakan Virtual Proxy Network (VPN). VPN sendiri merupakan koneksi antar jaringan yang sifatnya sifat pribadi melalui internet.

Cara membuka blokiran internet positif melalui VPN yaitu dengan merubah alamat Internet Protocol atau yang sering disebut IP Anda ke lokasi lain. Misalkan IP Anda di Indonesia, jadi dengan VPN alamat IP tersebut bisa dirubah ke negara lain seperti Inggris atau negara lainnya.

Sebelum memakai VPN sehingga internet positif bisa dibobol, Anda bisa mendownload terlebih dulu aplikasi atau software VPN. Tidak sedikit aplikasi VPN yang gratisan, dan jika bayar pun tidaklah mahal.

Ternyata VPN bukan hanya bisa membobol layanan internet Trust+ Positif, namun juga mempunyai manfaat lain, diantaranya mengamankan data Anda dari orang lainnya yang ingin mencurinya.

Untuk mengamankan data penting agar tidak dihacker oleh orang yang tidak bertanggung jawab, Anda bisa menambahkannya dnegan memakai TOR Browser, yang dipadukan dengan VPN.

Sementara layanan VPN terbaik di Indonesia antara lain, Expressvpn, Ipvanish, Trust.zone, Nordvpn dan PIA.

# Menggunakan proxy

Kemudian cara lainnya yaitu dengan menggunakan proxy. Setiap browser memiliki settingan proxy yang berbeda-beda. Untuk panduannya Anda bisa mencari di internet atau juga ada di browser itu sendiri.

Ada berbagai macam situs yang memberikan pelayanan proxy, bahkan sekitar ratusan lebih yang menyediakan jasa tersebut, dengan gratisan alias tidak berbayar.

Sifat dari proxy itu sendiri adalah menyamarkan website dari ISP, sehingga situs yang diblokir pun bisa dibobol. Kelemahan proxy ini tidak sehebat VPN, karena tidak dijamin data Anda akan aman.

# Ekstensi Browser

Selanjutnya untuk membobol situs yang diblokir oleh pemerintah atau provider, Anda bisa mencobanya dengan menggunakan ekstensi browser.

Dari sekian banyaknya ekstensi browser, Anda bisa memakai TouchVPN atau Hola, untuk membobol layanan internet yang ‘digembok’ baik di Mozilla, Chrome atau lain sebagainya.

Atau cara lainnya dengan mencari di mesin pencari Google. Caranya, ketik keyword “Ekstensi VPN”, kemudian akan keluar hasilnya yang dapat Anda pakai dengan gratisan alias tidak berbayar.

# ProxySite

Cara terakhir untuk membuka situs yang diblokir yaitu dengan menggunakan layanan ProxySite yang gratisan. Memakainya pun tidaklah sulit, tinggal paste atau mengetik alamat website yang mau Anda buka pada kolom URL di ProxySite.

Di situ juga Anda bisa negara yang bisa menjadi tujuan untuk membobol website tersebut. Misalkan US berarti situs yang Anda buka diaksesnya di negara Amerika Serikan. Sedangkan EU artinya Eropa. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA