Akademisi; Kehadiran KA Pangandaran Harus Disikapi Positif

Akademisi; Kehadiran KA Pangandaran Harus Disikapi Positif

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Akademisi Universitas Galuh (Unigal), Hendra Sukarman, SE.,SH.,MH., meminta Pemerintah Kabupaten Ciamis dan Kota Banjar menyikapi positif Kehadiran KA Pangandaran.

Menurut dia, kehadiran KA Pangandaran berpotensi memberikan kesempatan bagi Kabupaten Ciamis dan Kota Banjar untuk menyusun dan melaksanakan program pengembangan daerah.

“Wilayah yang dilalui KA Pangandaran harus mulai berbenah, membaca peluang serta potensi, kemudian menyusun program pengembangan daerah,” katanya.

Hendra menilai, kehadiran KA Pangandaran secara tidak langsung membuka akses bagi masyarakat luar daerah untuk berkunjung, tidak hanya ke Pangandaran, tapi juga ke Kabupaten Ciamis dan Kota Banjar.

Syaratnya, kata Henra, Kabupaten Ciamis dan Kota Banjar sudah harus memiliki ikon daerah bernilai jual untuk menarik masyarakat dari luar daerah berdatangan. Kabupaten Ciamis dan Kota Banjar juga perlu melengkapi fasilitas penunjang untuk hal tersebut.

“Saya optimis, peluang ini akan memberikan dampak positif, khususnya dari sisi ekonomi, bagi daerah yang dilalui KA Pangandaran. Persoalannya, daerah yang dilalui KA Pangandaran memiliki keinginan untuk itu atau tidak,” katanya.

Apalagi, Hendra menambahkan, energi positif yang seharusnya dibangun oleh stakeholder daerah di jalur KA Pangandaran, justru habis hanya karena tersita oleh persoalan penamaan KA Pangandaran. (Deni/R4/HR-Online)

KOMENTAR ANDA