Lapas Ciamis Tingkatkan Program Keagamaan Bagi Warga Binaan

Kalapas Ciamis, Fajar Nur Cahyono. Foto: Fahmi/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Lapas Kelas II B Ciamis meningkatkan kegiatan keagamaan bagi warga binaan lapas Ciamis dengan menggandeng Kemenag Kabupaten Ciamis. Peningkatan kegiatan keagamaan tersebut merupakan bekal bagi para napi setelah keluar dari lapas.

Kepala Lapas Ciamis, Fajar Nur Cahyono, mengatakan, kegiatan keagamaan tersebut di antaranya program membaca Al Qur’an, memandikan jenazah serta materi kegamaan lainnya.

“Kami sengaja menghadirkan pengajar dari Kemenag yang memang sudah memiliki legalitas dan bersertifikat. Kegiatan ini berkat dukungan semua petugas lapas yang mana tidak hanya menjalankan fungsinya saja, akan tetapi juga memiliki rasa kemanusiaan agar warga binaan bisa memiliki bekal,” terangnya, Jum’at (11/01/2019).

Sebagai tolak ukur untuk memantau kegiatan para napi, lanjut Fajar, warga binaan yang sudah dipercaya Lapas diberikan tugas menjadi wali bagi teman-temannya dan bertugas mencatat perilakunya. Dari hasil catatan yang dilaporkan, bakal menjadi pertimbangan untuk usulan pembebasan bersyarat atau lainnya.

“Kalau hanya tidur dan makan tentu saja tidak akan ada perkembangan ke arah yang lebih baik,” pungkasnya. (Fahmi/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA