Masyarakat Antusias Ikuti Pengobatan Gratis PDIP Pangandaran

Suasana pengobatan gratis PDIP Pangandaran di IC Cijulang. Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- DPC PDIP Pangandaran menggelar pengobatan gratis bagi masyarakat dengan melibatkan sebanyak 60 dokter spesialis. Kegiatan bakti sosial yang berlangsung di IC Cijulang tersebut setidaknya diikuti oleh sekitar 4 ribu masyarakat, Minggu (27/01/2019).

Ketua DPC PDIP Pangandaran, Jeje Wiradinata, mengatakan, pihaknya sangat bergembira dengan animo masyarakat yang begitu luar biasa. Pasalnya, dari 8 ribu kupon yang sudah dicetak, yang hadir sudah mencapai kurang lebih setengahnya, yakni 4 ribu warga.

“Saya akan membuat kajian sebagai Bupati. Padahal kita sudah menggeratiskan tiap Puskesmas, tetapi dengan pengobatan gratis yang melibatkan dokter spesialis ternyata animo masyarakat sangat tinggi,” kata Jeje Wiradinata.

Karena ini, lanjut Jeje, menjadi satu dorongan nantinya siapapun yang terpilih, kebijakan di bidang kesehatan mutlak harus diprioritaskan dan adanya pengobatan lanjutan, bukan hanya pengobatan dasar saja.

“Dokter spesialis kebanyakan dari Jakarta, kita juga akan mengambil dokter Umum dari Pangandaran untuk membantu pelaksanaannya yang sedikit tersendat karena membludaknya masyarakat yang berobat. Kita harap ini berlanjut. Pasalnya, rata-rata mereka dari kalangan menengah ke bawah yang kebetulan belum punya KIS maupun Kertawaluya. Ini akan kita evaluasi bersama,” pungkasnya.

Koordinator kegiatan yang juga Wakil Ketua DPD PDIP Jawa Barat, Gatot Cahyono, mengatakan, pengobatan gratis ini yang kedua dilaksanakan PDI Perjuangan ini merupakan kerjasama dengan relawan formasi Indonesia satu.

“Di Ciamis yang lokasinya di Purwadadi peserta sekitar 4500 orang dan di Cijulang ini kita sediakan untuk 8000 orang. Ada 20 dokter spesialis beserta 40 orang paramedis ini merupakan bakti sosial kepada masyarakat. Selain itu, ini juga merupakan kesempatan pada caleg-caleg PDI Perjuangan untuk ikut berkiprah dalam kegiatan sosial. Setelah ini koordinator di Jabar seperti Kabupaten Sumedang, Kuningan, sampai Garut atau Priangan Timur,” jelas Gatot.

Sementara itu, Koordinator PMI Kabupaten Pangandaran, Dadang Gunawan, mengatakan, pihaknya juga turut membantu dari segi peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan oleh kepanitiaan, seperti tabung oksigen serta labu darah apabila diperlukan.

“Kami mendukung kegiatan ini apabila dibutuhkan oleh tim Paramedis dan dokter saja. Selain itu, kita juga menyiapkan 2 tabung oksigen untuk alat bantu pernafasan bila ada yang pingsan,” imbuh Dadang Gunawan. (Mad/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA