Menanam Serai di Rumah, Cara Alami Hindari Gigitan Nyamuk

Menanam Serai di Rumah jadi Cara Alami Menghindari Gigitan Nyamuk. Photo: Net/Ist.


Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Saat musim hujan, lindungi rumah dan keluarga Anda dari gigitan nyamuk dengan cara menanam serai. Sebab, musim hujan banyak genangan air yang berpotensi menjadi sarang nyamuk.

Pada umumnya serai digunakan untuk pelengkap berbagai macam masakan. Namun, dengan menanam serai di rumah dapat dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk, karena nyamuk tidak suka aroma serai.

Dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (30/01/2019), tanaman dengan nama Latin Cymbopogon ini mengandung minyak citronella dan aroma musk itu termasuk tanaman yang mudah ditanam. Jadi tak perlu perawatan khusus, cukup tanah yang tidak terlalu basah dan banyak disirami sinar matahari.

Maka dari itu sangatlah tepat bila meletakkan pot tanaman serai di depan rumah. Tapi, cara paling efektifnya adalah dengan menggosokkan daun serai pada kulit supaya minyak citronella bisa terlepas.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di Phytomedicine menyebutkan bahwa minyak serai memiliki khasiat setara dengan obat nyamuk di pasaran.

Penelitian tersebut menemukan bahwa ekor burung yang terjebak kawanan nyamuk kelaparan selama dua hari, terbukti mengalami penurunan serangan nyamuk sebesar 50 persen dengan menggunakan minyak serai. Minyak ini bisa menghindarkan burung dari nyamuk dalam jangka waktu sekitar tiga jam.

Bahkan, jika penggunaan minyak serai dipadukan dengan tanaman lain seperti basil, cengkih, rosemary dan lavender, maka khasiatnya bakal sangat efektif . Serai memang jenis tanaman yang termasuk insektisida alami. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA