Mobil Jemputan KA Pangandaran Dibolehkan, PT KAI Akan Tindak Pungli di Stasiun Banjar

Stasiun Kereta Api Banjar. Foto: Dokumentasi HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- PT KAI berjanji akan menindak tegas oknum transportasi lokal di Stasiun Kereta Api (KA) Kota Banjar, yang melakukan pungli terhadap mobil jemputan wisatawan yang menuju ke Pangandaran, Jawa Barat. Pernyataan itu sebagai respon terhadap keluhan manajemen Sun In Hotel Pangandaran yang mengaku dimintai uang oleh beberapa oknum saat melakukan penjemputan tamu hotel di Stasiun Kereta Api Banjar, Jum’at (18/01/2019) lalu.

Manajer Humas PT KAI Daop 2 Bandung Joni Martinus, dalam keterangan rilisnya,  Minggu (20/01/2018), mengatakan, pihaknya mempersilahkan kepada pihak hotel, biro travel, atau angkutan apapun yang akan menjemput penumpang kereta api KA Pangandaran dari Stasiun Banjar.

Berita Terkait: Ada Pungli Saat Jemput Wisatawan di Stasiun Banjar, Sun In Hotel Pangandaran Ngeluh

“Apabila ada oknum yang menghalangi, apalagi meminta uang, segera sampaikan kepada kami. Jika ada bukti-bukti jelas adanya pungli, pada saat itu juga akan kami tindak,” tegasnya.

Setelah adanya keluhan tersebut, lanjut Joni, pihaknya menjamin tidak akan ada lagi pungli yang diduga dilakukan oleh oknum jasa transportasi tertentu kepada pihak penjemputan hotel atau biro wisata saat menjemput di area Stasiun Banjar.

Menurut Joni, adanya layanan penjemputan wisatawan dari Stasiun Banjar merupakan langkah kreatif. Dengan adanya penjemputan, menurutnya, akan memudahkan aksesibilitas menuju objek wisata di daerah Banjar, Pangandaran dan sekitarnya.

“Kendaraan apapun silahkan melakukan penjemputan penumpang kereta api di stasiun. Kami tegaskan tidak dibenarkan apabila ada pungutan uang kepada siapapun yang melakukan penjemputan penumpang di stasiun,” ujarnya.

Sebelumnya, Manajemen Sun In Hotel Pangandaran mengeluhkan adanya praktek pungli yang dilakukan oleh oknum jasa transportasi lokal di Stasiun Kereta Api Kota Banjar, Jawa Barat, saat melakukan penjemputan wisatawan yang menggunakan Kereta Api (KA) Pangandaran. Keluhan dari pihak manajemen hotel ini ditulis di akun facebook resminya dan sempat menjadi perbincangan hangat warganet di dunia maya.

Seperti diketahui, setelah PT KAI meluncurkan Kereta Api (KA) Pangandaran dengan rute stasion Gambir – Bandung – Banjar, manajemen Sun In Hotel Pangandaran melakukan terobosan dengan memberikan layanan gratis penjemputan dari Stasiun Banjar bagi tamu hotel yang akan berwisata ke Pangandaran. Pihak manajemen pun menyiapkan armada khusus dalam melakukan penjemputan tersebut.

Namun, baru beberapa pekan layanan ini berjalan, ternyata mendapat kendala. Dikabarkan, mobil jemputan milik Sun In Hotel tidak diperbolehkan masuk ke area parkir Stasiun Banjar oleh oknum transportasi lokal. Selain itu, apabila pihak hotel membawa wisatawan dari Stasiun, dikabarkan harus membayar sejumlah uang kepada oknum tertentu. (R2/HR-Online)

KOMENTAR ANDA