Obat Alami untuk Menyembuhkan Sakit Gigi

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Bagi yang pernah mengalami sakit gigi tentu kejadian tersebut tidak ingin terulang kembali. Pasalnya, jika kembali kambuh rasa sakitnya bukan hanya di gigi saja, namun merembet kepala, meriang sampai makan pun menjadi tersiksa.

Apabila tidak segera diatasi, tentu akan semakin menyiksa. Jika sakit gigi belum begitu parah dan ‘alergi’ terhadap dokter gigi atau obat kimia, pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan memakai obat alami yang sederhana tapi mujarab menyembuhkan sakit gigi.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut ini obat alami untuk menyembuhkan sakit gigi.

# Air garam

Ketika sakit gigi melanda, maka dokter hanya bisa meredakan sakitnya sebagai penanganan pertama. Karena jika masih sakit maka akan sangat riskan untuk mencabut gigi yang bermasalah.

Jika Anda mempunyai masalah dengan obat kimia, untuk meredakan sakit gigi tersebut bisa dengan menggunakan air garam.

Caranya, siapkan garam sebanyak setengah sendok teh dan air matang kurang lebih 240 ml. Setelah itu larutkan dan aduk kedua bahan tersebut sampai rata, lalu kumur-kumur menggunakan bahan tersebut.

# Bawang merah

Bahan alami lainnya yang dipercaya bisa menyembuhkan sakit gigi adalah bawang merah. Dengan sifatnya sebagai antimikrobial serta antiseptik yang ada di dalam bawang merah, selain dapat mengatasi rasa sakitnya, juga bisa membasmi bakteri yang menyebabkan infeksi pada gigi.

Caranya tidak lah sulit, cukup dengan mengunyah bawang merah metah di bagian gigi yang terasa sakit. Namun bisa juga bawang merah mentah tersebut diiris dan langsung ditempelkan ke gigi yang nyut-nyutan.

# Es batu

Cara lainnya bisa dengan memanfaatkan es batu. Caranya, masukkan es batu ke kantong plastik, kemudian dibungkus menggunakan kain yang tipis. Setelah itu, kantong es batu itu ditempelkan ke bagian gigi yang sakit.

# Cuka

Cuka juga sangat berkhasiat untuk mengatasi sakit gigi. Baik cuka apel atau dapur keduanya memiliki kandungan anti-bakteri serta anti-mikrobial yang sangat mujarab sebagai pereda sakit gigi.

Caranya, kumur-kumur sekitar setengah menit dnegan menggunakan larutan cuka tersebut untuk gigi Anda yang berlubang. Jika tidak suka dengan rasa masamnya, maka Anda bisa menempelkan kapas di gigi berlubang itu yang sudah ditetesi cuka.

# Daun jambu merah

Cara lain untuk menyembuhkan sakit gigi yaitu dengan daun jambu merah. Daun tersebut bersifat antiradang, anti-mikrobial serta analgesik yang dapat meminimalisir rasa ngilu pada gigi.

Caranya, daun jambu sebanyak 4-5 lembar tersebut bisa dengan direbus, setelah dingin ditambahkan sedikit garam, lalu campuran tersebut bisa Anda pakai layaknya obat kumur.

Atau lebih mudahnya dapat juga dikunyah daun jambu merah itu hingga membentuk ekstrak. Setelah itu, ekstrak daun jambu itu dioleskan ke gigi yang terasa sakit.

# Minyak cengkeh

Orang dulu sering menggunakan minyak cengkeh sebagai obat untuk mengusir sakit gigi yang menyiksa.

Namun, saat memakai minyak tersebut sebagai obat sakit gigi lakukan dengan hati-hati. Karena jika menuangkan minyak ke mulut dengan ceroboh, bukannya gigi akan sembuh malah nantinya akan bertambah parah, apabila terkena gusi atau lidah.

Berikut ini cara yang harus Anda perhatikan, supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Kapas yang sudah dipersiapkan ditetesi minyak cengkeh sebanyak dua tetes saja. Kemudian, kapas tersebut ditempelkan ke gigi yang terasa nyut-nyutan hingga sakitnya reda. (Adi/R5/HR-Online)