Pabrik Pakan Ikan Bakal Beroperasi di Pangandaran

Pabrik pakan ikan yang berada di Cikidang. Foto: Entang SR/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Masyarakat di Kabupaten Pangandaran dan di luar Pangandaran kini tidak harus kerepotan lagi mencari pakan untuk segala jenis ikan. Pasalnya, di Babakan Cikidang kini telah dibangun sebuah pabrik pakan ikan oleh Kementrian Kelautan.

Kepala Dinas Kelautan Pangandaran, Rida, melalui sekretarisnya, Wawan, mengatakan, bahwa pabrik yang dibangun di atas tanah seluas 300 meter persegi tersebut salah satunya untuk memenuhi kebutuhan Keramba Jaring Apung (KJA) offshore yang sebelumnya diresmikan Presiden Joko Widodo.

“Bangunannya sudah selesai dan tidak lama lagi akan segera dioperasikan. Artinya, pabrik ini siap memproduksi pakan ikan yang mana bukan hanya memenuhi kebutuhan KJA saja, tetapi juga untuk masyarakat,” terangnya, Senin (07/01/2019).

Wawan menambahkan, saat melakukan tes produksi pakan ikan di pabrik tersebut, bisa menghasilkan pakan sebanyak 1,5 ton per jam. Jadi, dengan hasil yang fantastis tersebut selain bisa menutupi kebutuhan Pangandaran, juga bisa untuk menutupi pasaran.

“Pabrik ini sampai saat ini belum ada siapa yang akan bertanggungjawab pada pengelolaannya, baik dari segi manajemen serta yang lainnya. Yang pasti menunggu keputusan Kementrian KKP. Semoga saja cepat produksi untuk memenuhi kebutuhan para peternak ikan di Pangandaran,” imbuhnya.

Selama ini, lanjut Wawan, para peternak ikan masih dipasok pakan ikan dari wilayah Jawa Timur. Sehingga, ketika ada pabrik pakan di Pangandaran, bakal bisa memangkas ongkos distribusi atau pakan tersebut harganya lebih terjangkau oleh masyarakat. (Ntang/Koran HR)

KOMENTAR ANDA