Petani di Pangandaran Lakukan Penanaman Perdana 10 Ribu Pohon Cabai

Petani di Pangandaran Lakukan Penanaman Perdana 10 Ribu Pohon Cabai. Photo: Enceng/HR.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Penanaman perdana 10 ribu pohon cabai dilakukan para petani di Dusun Cimanjeti, Desa Jayasari, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Rabu (09/01/2019).

Idan Hamdani, salah seorang petani, mengatakan, penanaman perdana 10 ribu pohon cabai dilakukan petani dengan memanfaatkan areal pesawahan yang sudah tidak produktif akibat sulitnya pengairan.

“Areal pesawahan yang ditanami cabai ini sudah beberapa kali musim tanam tak bisa ditanami padi akibat tidak adanya sumber air untuk mengolah sawah. Meski lahan tersebut milik pribadi, namun penanaman cabai ini melibatkan berbagai pihak, diantaranya Gempita Kecamatan,  Aliansi Pemuda Peduli Langkaplancar dan masyarakat sekitar,” terangnya, kepada HR Online.

Idan juga menjelaskan, jenis cabe yang ditanamnya merupakan jenis cabe lokal dengan target 100 hari panen. Sedangkan, masa produktif tanamannya tergantung dari bagusnya perawatan.

“Cabe jenis ini bisa produksi setelah 100 hari sejak ditanam. Saya berharap petani di Langkaplancar bisa lebih kreatif dengan memanfaatkan lahan-lahan yang kosong,” pungkasnya. (Cenk/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA