Pohon Angpao: Harus Anda Tahu, Inilah 5 Fakta Seputar Angpao

pohon angpau
Pohon Angpao: Foto: Istimewa

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Imlek identik dengan keberadaan angpao yang membuat suasana perayaan tahun baru lebih meriah. Dekorasi Imlek berupa pohon angpao banyak dipajang di rumah, pusat perbelanjaan, perkantoran dan ruang publik lain. Nah, sudahkah Anda menyiapkan angpao untuk anggota keluarga yang lebih muda atau karyawan di tempat usaha?

Angpao ini memang tak pernah ketinggalan dalam perayaan Imlek. Momen pembagian angpao bahkan selalu ditunggu-tunggu. Tidak peduli berapa isinya, namun euforia Imlek lah yang membuat angpao ini lebih berkesan. Fakta Seputar Angpao Ternyata, perihal angpao ini tidak terbatas pada amplop dan uang yang ada di dalamnya loh.

Yup, ada pula fakta-fakta yang mengiringi angpao ini. Apa saja fakta tentang angpao ini? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Angpao bentuk kepedulian sesama Tak hanya soal keberuntungan saja yang diharapkan dalam tradisi pemberian angpao namun lebih pada makna saling peduli terhadap sesama. Tradisi memberikan angpao merupakan wujud saling mengasihi antara pemberi dan penerima angpao.

2. Memberikan angpao tidak boleh sembarangan Mungkin pohon angpao yang sering terlihat di berbagai tempat saat menjelang Imlek hingga Cap Go Meh sudah biasa. Tetapi, tahukah Anda bahwa memberikan angpao tidak boleh sembarangan lho!

Orang tua wajib memberikan angpao kepada orang yang lebih muda, bos atau majikan memberikan angpao kepada staf atau karyawan dan orang yang sudah menikah juga memberikan angpao pada orang yang belum menikah.

Bagaimana dengan orang dewasa yang belum menikah? Dalam tradisi yang telah turun temurun, orang yang berusia lebih 40 tahun dan belum menikah tetap wajib memberikan angpao pada orang yang lebih mudah karena dianggap lebih dewasa.

3. Memiliki aturan soal pemberian angpao Pohon angpao mungkin bakal menjadi dekorasi rumah selama 14 hari perayaan Imlek. Ternyata fakta pemberian angpao juga memiliki aturan yang wajib dipatuhi pemberi angpao lho! Sebaiknya pemberi angpao langsung menyerahkan amplop berisi uang tersebut pada penerima alias tidak boleh dititipkan.

Bahkan, bocah bayi yang belum mengerti uang wajib menerima alias memegang amplop angpao yang diberikan secara langsung. Isi angpao sebaiknya juga diberikan tanda tangan dan kesan untuk mengakrabkan hubungan silaturahmi antara kedua belah pihak. Selain itu, hindari memberikan angpao dalam jumlah 4 yang memiliki makna buruk kematian dan mengusahakan jumlah uang yang diberikan berakhir dalam angka 8 agar membawa keberuntungan.

4. Jumlah tidak boleh sembarangan Uniknya, pemberian jumlah uang dalam angpao tidak boleh sembarangan. Anak-anak mendapatkan isi angpao berkisar 2 USD sedangkan teman dekat berkisar antara 10-20 USD. Kalau memberikan angpao pada karyawan atau asisten rumah tangga, sebaiknya isi angpao setara satu kali gajian. Keren, ya?

5. Menggunakan angpao berwarna merah sebagai pembawa keberuntungan Pohon angpao memang bisa dikreasikan dengan hiasan Imlek bermacam-macam agar semakin menarik. Tetapi, amplop angpao yang tergantung tetap saja memakai warna merah sebagai simbol khas Imlek. Simbol ini diyakini bisa membawa keberuntungan untuk pemberi dan penerima angpao.

Selain warna merah yang identik dengan perayaan keagamaan, motif angpao yang direkomendasikan adalah menyesuaikan dengan pergantian shio tahun tersebut. Misalnya Anda hendak memberikan angpao pada orang-orang terdekat, bisa memilih amplop angpao berwarna merah yang memiliki shio babi tanah tahun ini.

Fakta menarik seputar amplop angpao di atas mungkin wajib Anda ketahui untuk menambah wawasan sebelum menyerahkan angpao pada orang yang lebih muda.Tak hanya melestarikan tradisi Imlek, Anda turut membangun hubungan kasih sayang yang baik dengan sesama manusia. Nah, sudahkah Anda memiliki koleksi angpao untuk diberikan pada keluarga dan teman-teman terdekat? Jangan lupa untuk mendekorasi rumah dengan pernak-pernik Imlek ya!

Anda bisa mendapatkan aneka dekorasi Imlek mulai bentuk pohon bunga krisan, pohon bunga bakung, pohon bunga sakura dan lain-lain. Dapatkan aneka model pohon angpao yang sesuai selera dengan harga termurah hanya di Bukalapak.com! Bukalapak menyediakan berbagai pilihan pernak-pernik Imlek yang bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau namun kualitasnya tetap terjamin. (Advetorial/R2/HR-Online)

KOMENTAR ANDA