Polda Jabar Imbau Satpam di Pangandaran Miliki Sertifikat Gada Pratama

Polda Jabar saat razia Satpam di Pegadaian Pangandaran. Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Jajaran Polda Jabar melakukan sweeping terhadap Satuan Pengamanan (Satpam) yang bertugas sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan perusahaan swasta yang ada di Kabupaten Pangandaran, Kamis (24/01/2019). Kegiatan tersebut langsung dipimpin Kasubag Diklat Satpam Binmas Polda Jabar, Kompol Asep Kusnadi.

Menurut Asep Kusnadi, bahwa razia tersebut merupakan upaya penertiban semua Satpam yang mana mereka diharuskan memiliki sertifikat Gada Pratama.  

“Sesuai peraturan Kapolri Nomor 24 Tahun 2007 tentang sistem pengamanan manajemen perusahaan/instansi pemerintahan, bahwa setiap petugas keamanan wajib memiliki sertifikat Gada Pratama,” jelasnya kepada awak media.

Jadi, tegas Asep, Satpam tidak hanya memiliki badan yang bagus dan bela diri saja, namun harus memiliki sertifikat sebagaimana aturan yang berlaku. Adapun sertifikat tersebut yang berada di wilayah hukum Jawa Barat dikeluarkan oleh Polda Jabar.

“Kita imbau kepada siapapun yang belum memiliki sertifikat Gada Pratama, tidak diperkenankan memakai seragam Satpam. Jadi, tidak sembarangan pakai seragam. Setelah saya cek di Pangandaran, sekitar setengahnya saja yang baru menempuh pendidikan dan memiliki sertifikat. Dalam razia ke depan, bila masih ada yang begitu kita akan tindak tegas,” pungkasnya. (Mad/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA