Pondasi Tergerus Air Selokan, Rumah Warga Ciamis Ini Dindingnya Ambruk

Rumah milik Ujang Permana (57), warga Dusun Wanayasa RT 11/RW 03 Desa Cibadak, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, nyaris ambruk setelah tergerus arus selokan yang berada tepat di pinggir rumahnya, Minggu (28/01/2019) lalu. Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Sebuah rumah milik Ujang Permana (57), warga Dusun Wanayasa RT 11/RW 03 Desa Cibadak, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, nyaris ambruk setelah tergerus arus selokan yang berada tepat di pinggir rumahnya. Ambruknya rumah Ujang terjadi pada Minggu (28/01/2019) lalu sekitar pukul 09.00 WIB.

Kepala Desa Cibadak, Olis Nurholis, ketika dihubungi HR Online, Rabu (30/01/2019), mengatakan, ambruknya rumah Ujang akibat pondasinya tergerus air selokan. Itu terjadi saat hujan deras mengguyur dan membuat debit air selokan meninggi.

“Saat terjadi hujan deras, selokan yang berada di pinggir rumah Pak Ujang meluber akibat tidak mampu menampung air yang begitu banyaknya. Di saat itulah air selokan yang deras menggerus pondasi rumah hingga akhirnya tembok dinding tiba-tiba ambruk,” terangnya.

Beruntung, kata Olis, saat kejadian rumah dalam keadaan kosong tanpa penghuninya.  Sehingga tidak menimbulkan korban jiwa ataupun luka. “Kalau sepertinya ada orang di dekat dinding yang ambruk, entah apa jadinya. Karena saat dinding ambruk, matrial tembokannya ada sebagian yang mengarah jatuh ke dalam rumah,” ungkapnya.

Menurut Olis, dinding 3 ruangan rumah mengalami ambruk, diantaranya dua ruangan kamar dan satu ruangan dapur. “Tapi untungnya tidak sampai merobohkan seluruh bangunan rumahnya. Sehingga harta bendanya masih bisa diselamatkan,” ujarnya.  

Akibat kejadian ini, pemilik rumah ditaksir mengalami kerugian hingga mencapai Rp. 20 juta. Pemerintah Desa Cibadak pun mengaku sudah melaporkan kejadian tersebut ke BPBD dan Dinas Sosial Ciamis. (Suherman/R2/HR-Online)

KOMENTAR ANDA