Ponsel Kamera Selfie Terbaik, Google Pixel 3 dan Galaxy Note 9 Juaranya

Google Pixel 3 dan Galaxy Note 9. Foto : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Dari sekian banyak smartphone yang dibekali dengan kamera selfie atau depan, ternyata ponsel Google Pixel 3 dan Galaxy Note 9 lah yang terbaik di dunia sampai saat ini.

Itu berdasarkan dari hasil uji semua ponsel pintar yang dilakukan oleh DxOMark, sebuah lembaga terkenal di dunia yang sering melakukan tes terhadap kamera. Tes tersebut antara lain pada ketepatan warna, tone kulit, cahaya, kontras dan lain-lain.

Untuk yang diuji bukan hanya foto tapi juga hasil rekaman video. Dan tes tersebut dilakukan di segala tempat dengan berbagai kondisi, bisa di dalam atau luar ruangan, solo selfie, grup selfie dan sebagainya.

Hasil dari tes tersebut menempatkan Google Pixel 3 maupun Galaxy Note 9 mampu mengalahkan pesaing-pesaingnya untuk urusan kamera selfie, seperti Huawai, Xiaomi, Oppo dan sebagainya. Kedua smartphone itu mendapatkan nilai 92 poin.

Namun, jika Google Pixel 3 dan Galaxy Note 9 mana yang lebih baik, ternyata smartphone buatan Google ini yang kualitasnya selfienya lebih baik, sementara untuk ponsel besutan Samsung bagus atau unggul kualitas ketika saat merekam video.

Di bawah kedua ponsel ini ada produk dari Xiaomi yaitu Mi MIX 3 yang memperoleh nilai 84, tempat keempat sebagai kamera selfie terbaik di dunia diduduki iPhone XS Max dengan skor 82 poin, kelima Galaxy S9 Plus dengan nilai 81 poin.

Meski ponsel Huawei Mate 20 Pro dan P20 Pro menjadi yang terbaik dari sisi kamera utamanya atau belakang, namun untuk kamera selfie ini dua smartphone besutan Huawei hanya mampu menduduki posisi ketujuh serta sembilan, dengan skor 75 dan 72.

Seperti diketahui, bahwa DxOMark sering dipakai sebagai referensi atau parameter untuk yang benar-benar ingin membeli smartphone dari aspek kamera, baik yang di depan maupun belakang.

Google Pixel 3

Sebagai smartphone yang memperoleh predikat memiliki kamera selfie terbaik di dunia sekarang ini, tentu penasaran spesifikasi kamera tersebut. Mengutip dari GSMArena, ada dua kamera depan yang dimiliki Google Pixel 3, masing-masing 8 MP (f/1.8) dan 8 MP (f/2.2). Kedua kamera itu memiliki fungsi yang berbeda, yaitu wide dan ultrawide.

Lantas bagaimana dengan jeroan atau fitur lainnya, untuk kamera belakangnya dibekali lensa 12.2 MP dengan aparture atau bukaan f/1.8. Smartphone yang dirilis November 2018 lalu ini juga memiliki ukuran layar 5.5 inci dengan resolusi 1080 x 2160 piksel dan aspek rasio 18:9, berpanel P-OLED.

Di bagian otaknya mengandalkan chipset dari Qualcomm SDM845 Snapdragon 845 dengan CPU Octa-core dan GPU atau grafis Adreno 630. Sedangkan RAM berkapasitas 4 GB dengan penyimpanan internal 64 GB dan 128 GB.

Kapasitas daya baterai 2915 mAh yang juga dibekali dengan Fast battery charging 9V/2A 18W serta teknologi QI wireless charging. Sistem operasi menjalankan Android 9.0 (Pie), dimensi ukuran 145.6 x 68.2 x 7.9 mm dengan berat hanya 148 gram.

Smartphone besutan Google ini juga di dalamnya ditanam chip keamanan Titan M, yang memberikan keamanan langsung guna kebutuhan login, enksripsi, serta data aplikasi.

Galaxy Note 9

Tidak jauh berbeda dengan Google Pixel 3, lensa kamera selfie di Samsung Galaxy Note 9 juga berukuran 8 MP (f/1.7), namun hanya satu. Yang menjadi lebih unggul yaitu perekam video sampai 1440p@30fps.

Spesifikasi lainnya, RAM tersedia dalam dua pilihan 6 GB dan 8 GB dengan penyimpanan internal 128 GB serta 512 GB. Tentu dengan varian RAM yang berbeda ini harga jualnya pun tidak sama.

Bagian dapur pacu dipersenjatai chipset Snapdragon 845, prosesor menggunakan Octa-core. Dengan memakai otak terbaik di kelasnya, Samsung mengklaim bahwa kinerja Galaxy Note 9 akan cepat dalam mengunduh.

Kemudian di sektor layar, smartphone besutan Samsung ini memiliki ukuran layar 6,4 inci, bersolusi 1440 x 2960 piksel serta diproteksi Corning Gorilla Glass 5.

Beralih ke urusan kamera, untuk kamera belakang dibekali dengan kamera ganda yang masing-masing lensanya 12 MP, namun berbeda dalam aperture-nya yaitu f/2.4 serta f/1.5.

Samsung Galaxy Note 9 juga dibekali dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh. Fitur lainnya, OS berbasis Android 8.1 Oreo, kemudian ada S Pen yang koneksivitasnya menggunakan bluetooth. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA