Ratusan Siswa SMPN 2 Ciamis Ikuti Simulasi UNBK 2019

Simulasi UNBK 2019 SMPN 2 Ciamis. Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Ratusan siswa kelas IX SMP Negeri 2 Ciamis mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Rabu (30/01/2019). Simulasi UNBK 2019 tersebut diharapkan agar para siswa pada pelaksanaan nanti bisa mengerjakan dengan baik.

Dari informasi yang dihimpun, sebanyak 279 siswa ini menjalani simulasi UNBK 2019 selama beberapa hari di 3 ruang lab yang ada dan dibagi menjadi 3 sesi. Sementara itu, soal yang diujikan dalam simulasi tersebut adalah Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan IPA.

Kepala SMP N 2 Ciamis, Amar, mengatakan, bahwa siswanya minimal harus mengikuti simulasi tersebut minimal 6 kali, yakni simulasi dari pusat 2 kali, kabupaten 2 kali dan dari sekolah 2 kali.

“Dengan simulasi ini kita harap para peserta UNBK ini bisa lebih paham tentang soal UNBK nantinya. Jadi, siswa akan lebih tenang dalam mengerjakan soal UNBK nanti. Lewat ini pula kita jadi tahu kemampuan siswa, terlebih pemantapannya kita sudah sejak November sampai April nanti,” jelasnya.

Ia juga selalu mengingatkan agar para siswanya bisa beradaptasi dengan ujian berbasis komputer tersebut agar hasilnya memuaskan dan baik. Meski UNBK tidak menentukan  kelulusan, namun menjadi salah satu pertimbangan ketika masuk ke jenjang yang lebih tinggi.

“Kalau nilainya memuaskan tentunya para siswa bisa diterima di semua sekolah. Jika nilainya baik juga menjadi kepercayaan tersendiri dari masyarakat kepada kita. Dengan begitu, kita tidak kesulitan memperoleh peserta didik baru. Kita selalu sampaikan agar peserta juga tidak melakukan sesuatu yang berpotensi membahayakan diri dan berdampak tidak bisa ikut UNBK,” pungkasnya. (Her2/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA